PAUD Kober Al Huda Ciamis Tingkatkan Kepedulian Lingkungan

08/07/2017 0 Comments
PAUD Kober Al Huda Ciamis Tingkatkan Kepedulian Lingkungan

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kober Al Huda Kecamatan Rancah menggelar acara dengan Kelompok Pertemuan Orangtua (KPO), Senin (03/07/2017). Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat dan anak didik terhadap penanganan sampah.

Kepala PAUD Kober Al Huda, Rasdianto, ketika ditemui Koran HR, Senin (03/07/2017) lalu, mengatakan bahwa KPO PAUD Kober Al Huda sudah berdiri sejak tahun 2008. Pertemuan itu membahas soal upaya meningkatkan kecintaan masyarakat dan anak didik terhadap lingkungan.   

“Gebyar Bank Sampah berbasis PAUD dan juga kegiatan KPO tujuannya untuk menggugah partisipasi masyarakat terhadap penangan sampah, terutama sampah plastik. KPO sendiri ujung tombak kelancaran sistem bank sampah yang berada di bawah naungan Kober Al Huda,” katanya.

Rasdianto menuturkan, semua yang pihaknya lakukan semata-mata untuk memberikan pembelajaran bagi siswa PAUD. Membuang dan mengelola sampah merupakan bentuk nyata kecintaan terhadap alam. Meski hanya sebatas melihat, tetapi bukan tidak mungkin siswa PAUD di kemudian hari dapat tergerak hatinya untuk mencintai lingkungan.

Melalui hal itu, kata Rasdianto, siswa PAUD Kober Al Huda dibiasakan semenjak kecil untuk lebih bijak mengelola sampah. Mereka akan terbiasa menaruh sampah di tempat yang benar serta belajar untuk tidak asal membuang.

Tidak hanya itu, lanjut Rasdianto, pihaknya juga ingin menanamkan niat menabung sejak dini melalui bank sampah. Sampah yang dibawa siswa PAUD dari rumah bisa diganti dengan tabungan.

“Kami hanya ingin memberikan pembelajaran nyata kepada mereka, dimana peran sertanya adalah orang tua mereka sendiri yang mana memberikan contoh baik, khususnya mencintai lingkungan. Kami ingin membentuk anak-anak yang (lebih) peduli dan mencintai lingkungan,” ujarnya.

Dalam pertemuan KPO, Rasdianto menambahkan, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada orang tua dan siswa yang sering menabung dengan sampah plastik. Pihaknya berharap program yang sudah digagas selama dua tahun lebih itu tidak putus di tengah jalan.

Sementara itu, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Rancah, Kuswandi, mengapresiasi upaya yang dilakukan PAUD Kober Al Huda. Menurut dia, hal itu menjadi aplikasi pembelajaran yang sangat berharga bagi masyarakat dan siswa.

“Semangat sadar terhadap lingkungan harus selalu terus ditumbuhkan dengan memberikan motivasi berkelanjutan. Bahkan adanya bank sampah yang digagas oleh PAUD Kober Al Huda harus menjadi percontohna bagi yang lain,” katanya. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!