Pemerataan Sosialisasi Kampus, Ratusan Mahasiswa STISIP BP Banjar KKN di Pangandaran

06/07/2017 0 Comments
Pemerataan Sosialisasi Kampus, Ratusan Mahasiswa STISIP BP Banjar KKN di Pangandaran

Pembekalan peserta KKN 2017 di Auditorium STISIP BP Banjar. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Bina Putera Kota Banjar, mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sejumlah desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Sebanyak 160 mahasiswa dari Jurusan Ilmu Politik serta Jurusan Administrasi Bisnis yang mana sama-sama terakreditasi B itu, akan melaksanakan KKN di delapan desa di Kabupaten Pangandaran.

Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Bina Putera Banjar, Tri Pamuji Rudianto, mengatakan, dalam KKN yang berlangsung selama satu bulan, terhitung sejak Rabu (05/07/2017) itu, mahasiswa tingkat akhir akan bisa melihat lebih dekat bagaimana ilmu mereka yang didapat untuk diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat.

“Apalagi melalui KKN mahasiswa ditempatkan, yang mana sebelumnya mereka belum pernah interaksi dengan lingkungan baru. Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan mereka akan lebih peka dan belajar adaptasi dengan lingkungan yang baru,” katanya, kepada Koran HR, Selasa (04/07/2017).

Dipilihnya Kabupaten Pangandaran menjadi lokasi KKN mahasiswanya, kata pria yang akrab dipanggil Rudi, merupakan bagian dari pemerataan sosialisasi Kampus STISIP BP Banjar kepada masyarakat. Sebab, secara latar belakang mahasiswa di STISIP berasal dari wilayah Cilacap, Pangandaran, Ciamis maupun Pangandaran.

“Tahun kemarin kita sudah melaksanakan di Banjar. Nah, saat ini giliran Pangandaran dan tahun depan bisa di wilayah Ciamis,” imbuh Rudi.

Sebelum ratusan mahasiswa itu dilepas ke wilayah Pangandaran, terlebih dahulu mereka dibekali oleh pihak kampus maupun dari Pemkab Pangandaran, supaya nantinya lebih terarah saat melaksanakan aktifitas di lokasi KKN.

Menurut Rudi, pada intinya, dengan KKN di Pangandaran merupakan salah satu upaya pihak kampus untuk membantu program pemerintah dalam proses pembangunan yang sedang berlangsung. Melalui mahasiswanya dari dua jurusan itu, pihaknya beharap Pemkab Pangandaran bisa menjadi mitra strategis Kampus STISIP BP Banjar.

“Kita pesan agar para peserta KKN bersikap ramah kepada masyarakat. Setelah tiba di lokasi, perbanyak silaturahim dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat agar proses KKN berjalan lancar,” imbuhnya.

Selain itu, mengimplementasikan ilmu yang didapat dari bangku kuliah untuk masyarakat harus dilakukan, serta menjaga lingkungan dan almamater menjadi sebuah keharusan bagi para peserta. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!