Pemkot Banjar Terbitkan SK Siaga Darurat Kekeringan

Pemkot Banjar Terbitkan SK Siaga Darurat Kekeringan

Kasi. Kadarlog BPBD Kota Banjar, Kuslan. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kasi. Kadarlog BPBD Kota Banjar, Kuslan, mengatakan, berdasarkan SK Walikota Banjar terkait siaga darurat kekeringan di Kota Banjar, menyebutkan bahwa siaga darurat kekeringan di Banjar dimulai sejak awal Juni hingga akhir Oktober 2017. Untuk wilayahnya tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Banjar, Kecamatan Purwaharja dan Kecamatan Pataruman.

“Namun, saat ini belum masuk ketegori parah. Predikdis BMKG puncak kekeringan itu terjadi pada bulan Agustus. Meski begitu, BPBD bekerjasama dengan PDAM Banjar sudah menyalurkan air bersih hampir setiap hari ke wilayah Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, yang mana ada empat dusun yang sangat memerlukan air bersih,” katanya.

Untuk wilayah lainnya, kata Kuslan, pihaknya masih perlu koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti halnya pemerintah desa ataupun laporan dari masyarakat untuk penyaluran air bersih.

Kalau data, pihanya sudah pegang sesuai SK Walikota untuk daerah yang rawan bencana kekeringan. Agar tidak berbenturan dengan pihak-pihak yang ingin memberikan air bersih kepada masyarakat, sehingga perlu adanya koordinasi terlebih dahulu.

“Saat ini, berdasarkan dari BMKG kemaraunya itu beda. Kalau saat ini itu ada hujannya dalam waktu satu bulan. Jadi beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang kemarau tanpa adanya hujan,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Koran HR, daerah rawan kekeringan di Banjar meliputi Kecamatan Purwaharja terletak di Lingkungan Cipadung, Kecamatan Banjar terletak di Desa Balokang sebanyak 3 dusun, Desa Cibeureum sebanyak 5 dusun, Desa Jajawar di Dusun Karangpucung, Desa Neglasari di Dusun Warungbuah, Desa Situbatu di dua dusun.

Sementara, di Kecamatan Pataruman terletak di Kelurahan Hegarsari yakni di Lingkungan Pangandegan, Desa Batulawang dua dusun, Desa Binangun di Dusun Priagung, Desa Karyamukti di dua dusun, serta di Desa Sukamukti di Dusun Tembungkerta. (Muhafid/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles