Penataan Obwis Situ Cibubuhan Ciamis Belum Maksimal

Penataan Obwis Situ Cibubuhan Ciamis Belum Maksimal

Objek wisata Situ Cibubuhan, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis. Foto: Eji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga menyayangkan penataan objek wisata Situ Cibubuhan, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, belum dilakukan secara maksimal. Akibatnya, keberadaan objek wisata Situ Cibubuhan tersebut belum mampu mendatangkan banyak wisatawan.

Rusman, warga Cibeureum, ketika ditemui Koran HR, Senin (24/07/2017) lalu, mengatakan, wilayah Desa Cibeureum memiliki beberapa potensi yang layak dijadikan kawasan objek wisata. Diantaranya seperti situs batu panjang, goa, pertanian cabai dan Situ Cibubuhan.

“Sayangnya, dari beberapa lokasi yang layak dikembangkan menjadi obyek wisata, sampai saat ini terkesan belum dilirik oleh pemerintah. Seandainya lokasi yang ada dikembangkan menjadi objek baru, otomatis wisatawan bisa diarahkan untuk berkunjung kesini,” katanya.

Ade Setiawan (39), pengunjung asal Kota Tasik, ketika dimintai tanggapan, menyarankan agar fasilitas penunjang obje wisata Situ Cibubuhan dilengkapi. Dia memastikan, pengunjung akan berdatangan bila Situ Cibubuhan ditata dan dikelola dengan baik.

Di tempat terpisah, Elan, tokoh masyarakat Cibereum, ketika dimintai tanggapan, membenarkan, pengembangan dan penataan Situ Cibubuhan akan menjadikannya memiliki daya tarik dan nilai jual bagi wisatawan.

Selain Situ dan beberapa objek lain, Elan menyebutkan, Desa Cibeureum juga memiliki kawasan hutan yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Menurut dia, potensi alam yang terdapat di Desa Cibeureum sangat luar biasa.

“Dan jika dikembangkan dengan baik, akan menjadi tujuan wisata yang menjanjikan,” katanya.

Namun demikian, Elan menambahkan, perlu upaya pengembangan serius dari pemerintah daerah, termasuk upaya pelestarian lingkungan agar potensi yang ada di Desa Cibeureum terjaga keasliannya.

“Apalagi bila masyarakat dan pemerintah setempat ikut berperan, antara lain dengan menyediakan lokasi parkir dan warung makan,” katanya. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles