(Pilkada Ciamis) 79 Persen Pengurus Golkar Usulkan Herdiat Jadi Calon Bupati

08/07/2017 0 Comments
(Pilkada Ciamis) 79 Persen Pengurus Golkar Usulkan Herdiat Jadi Calon Bupati

Pengurus DPD Partai Golkar Ciamis menggelar voting pada rapat pleno usulan bakal calon bupati Ciamis, yang digelar di Gedung Golkar, Jum’at (07/07/2017). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bakal Calon Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, secara mengejutkan mendulang suara terbanyak, saat pengurus DPD Partai Golkar Ciamis, menggelar voting pada rapat pleno usulan bakal calon bupati Ciamis, yang digelar di Gedung Golkar, Jum’at (07/07/2017). Herdiat meraih 301 suara atau 79,6 persen dengan mengalahkan Bakal Calon Bupati Ciamis Incumbent, Iing Syam Arifin, yang hanya meraih 77 suara atau 20,4 persen.

Voting terkait usulan bakal calon bupati ini digelar secara terbuka. Pengurus Partai Golkar tingkat kabupaten, Ketua Pengurus Kecamatan (PK), Ketua Pengurus Desa (PD) dan ormas sayap Partai Golkar memiliki hak suara dalam voting yang berlangsung cukup menegangkan tersebut.

Banyaknya dukungan kepada Herdiat dari pengurus Golkar Ciamis cukup mengejutkan berbagai pihak. Pasalnya, rival Herdiat, yakni Iing Syam Arifin, merupakan calon incumbent yang juga sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Ciamis. Sementara Herdiat hanya seorang PNS aktif yang kini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) atau yang notabane sebagai bawahan Iing Syam Arifin.

Ketua Penjaringan Bakal Calon Ciamis Partai Golkar, Azis Basari, mengatakan, pihaknya menggelar rapat pleno terkait usulan bakal calon bupati Ciamis dan bakal calon Gubernur Jawa Barat, bertujuan untuk mendengar aspirasi dari pengurus Partai Golkar dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa.

“Untuk bakal calon gubernur, seluruh pengurus Partai Golkar Ciamis dari tingkat kabupaten sampai desa satu suara mendukung Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Sementara untuk bakal calon bupati terdapat dua nama, yakni Iing Syam Arifin dan Herdiat Sunarya. Karena ada dua calon yang mendaftar, maka kami menggelar voting untuk mendengar aspirasi dari pengurus,” terangnya, usai acara.

Azis menjelaskan, meski Herdiat mendulang suara terbanyak, namun tidak serta merta langsung mendapat rekomendasi pencalonan dari Partai Golkar. Karena voting yang digelar bukan untuk memutuskan siapa yang akan diusung, tetapi hanya sekedar untuk mendengar aspirasi dari pengurus Golkar Ciamis.

“Namun, hasil voting ini akan dikirim ke DPP Partai Golkar melalui pengurus DPD Partai Golkar Jabar. Jadi, siapa yang nantinya akan diusung di Pilkada Ciamis, merupakan kewenangan DPP Partai Golkar. Kita hanya menfasilitasi dan menjalankan mekanisme penjaringan calon,” pungkasnya. (es/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!