PPDB Tingkat SMP, 70 Persen Sekolah di Ciamis Gunakan Aplikasi Online

13/07/2017 0 Comments
PPDB Tingkat SMP, 70 Persen Sekolah di Ciamis Gunakan Aplikasi Online

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Ciamis kini dilakukan secara online. Calon peserta didik baru tahun ajaran 2017/ 2018 bisa mendaftar ke SMP dengan menggunakan aplikasi PPDB online yang kini hampir diterapkan di seluruh SMP di Ciamis.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dsidik) Kabupaten Ciamis, Dudung Abdullah, ketika ditemui Koran HR, Sabtu (08/07/2017) lalu, mengatakan, tahun ini PPDB SMP di Kabupaten Ciamis sudah mulai menerapkan sistem online.

“Dari total 113 sekolah (SMP), hampir 70 persen sudah berbasis online, sehingga siswa mendapatkan kemudahan untuk mengaksesnya,” kata Dudung.

Menurut Dudung, aplikasi PPDB online merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mempermudah, mempersingkat dan mentransparansikan alur serta proses PPDB tingkat SMP. Selain itu, dengan aplikasi PPDB online ini, masyarakat dapat melakukan pendaftaran dimana pun dan kapan pun.

Dudung menjelaskan, mayoritas sekolah yang ada di wilayah perkotaan sudah menggunakan system online. Sementara yang berada di wilayah pelosok, karena terkendala sarana dan prasarana, sebagian masih menggunakan sistem konvensional (manual).

Bagi orang tua yang tidak mengerti tata cara pendaftaran onlibe, kata Dudung, mereka bisa mendatangi sekolah karena Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis juga sudah menerjunkan operartor IT untuk membantu kelancaran PPDB Online.

“Disdik tidak akan mempersulit pendaftaran. Orang tua jangan merasa bingung dengan cara baru ini. Kita harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” katanya.

Sementara itu, Wakasek Humas SMP Negeri C ciamis, Dadang M. Rochlik, ketika ditemui Koran HR, Sabtu (08/07/2017) lalu, mengungkapkan, pihaknya sangat menyanmbut baik penerapan sistem online pada PPDB tingkat SMP. Apalagi, dari sisi sarana dan prasaran sudah memadai untuk menerapkan sistem baru tersebut.

“Dengan adanya sistem online, sekolah sangat terbantu. Kami percaya, PPDB online bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Penggunaan PPDB online akan membantu orang tua untuk mendaftarkan anaknya karena pendaftaran bisa dilakukan di rumah secara online,” katanya.

Menurut Dadang, melalui sistem online ini juga masyarakat bisa mengetahui proses, alur serta jumlah peserta PPDB yang dilakukan pihak sekolah. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!