“Puncak Bangku” Destinasi Wisata Baru di Rancah Ciamis

15/07/2017 1 Comment
“Puncak Bangku” Destinasi Wisata Baru di Rancah Ciamis

Puncak Bangku yang berlokasi tidak jauh dari Puncak Mandala Rancah Kabupaten Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Menikmati pemandangan dari ketinggian memang sangatlah menyenangkan. Apalagi keindahan tempat tersebut bisa menarik wisatawan pecinta foto. Salah satu Objek wisata swafoto yang menawarkan keindahan berada di wilayah Dusun Bunihilir, Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Namanya destinasi Wisata Puncak Bangku. Lokasinya berada tidak jauh dari Puncak Mandala, Rancah. Objek wisata tersebut saat ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Deni Sukma (28), warga Situmandala, ketika ditemui Koran HR, Minggu (09/07/2017) lalu, mengatakan, Objek Wisata Puncak Bangku memiliki panorama atau pemandangan yang sangat indah dan area parkir yang luas.

Menurut Deni, destinasi tersebut merupakan daerah tujuan wisata alternatif yang ada di wilayah Kecamatan Rancah. Objek wisata Puncak Bangku tersebut juga tergolong masih sangat baru sehingga belum terkelola dengan baik.

Sejauh ini, Deni menuturkan, mayoritas pengunjung yang datang ke objek wisata Puncak Bangku rata-rata kalangan pemuda atau remaja yang ingin menghabiskan waktu bersama pacar atau pasangan.

“Meski masih dikelola secara swadaya, objek wisata Puncak Bangku sudah memiliki banyak fasilitas memadai, diantaranya warung makan, tempat parkir dan juga beberapa lokasi swafoto. Semua fasilitas ini dibangun secara gotong-royong dan tanpa campur tangan pemerintah,” katanya.

Deni meyakini, seandainya pemerintah memberikan perhatian, suntikan dana dan melengkapi fasilitas, objek wisata Puncak Bangku pastinya bisa menjadi sumber baru pendapat asli daerah (PAD) bagi pemerintah.

Sementara itu, Abah Akung, tokoh masyarakat Desa Situmandala, membenarkan, objek wisata Puncak Bangku masih memerluka penataan lebih baik lagi. Salah satunya dengan menambah fasilitas-fasiltas penunjang yang dibutuhkan pengunjung.

Diakui Abah Akung, Puncak Bangku memiliki keindahan dimana pengunjung akan merasa nyaman bisa berada di lokasi. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam selama perjalanan menuju Puncak Bangku.  

“Pemandangannya masih alami. Pengunjung bisa menggunakan roda dua ataupun empat untuk menuju ke lokasi. Tapi memang infrastruktur jalan masih kurang baik, sehingga perlu berhati-hari,” katanya. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

1 Comment

  1. aef nisting July 16, at 21:50

    mudah2n pemerintah tidak menyianyiakan ksmpatan emas ini,,,dan mau membenahi pasilitas yang ada di sana, ,, saya sudah pernah kesana dan memmang tempatnya sangat bagus,, tapi benar akses jalan nyaa masih jauh dari kata sempurna..

    Reply

Leave a Reply