Raih KLA 2017, Pemkot Banjar Komitmen Canangkan Program Ramah Anak

Raih KLA 2017, Pemkot Banjar Komitmen Canangkan Program Ramah Anak

Photo: Net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kota Banjar lagi-lagi memperoleh penghargaan nasional. Kali ini, penghargaan yang diraih Kota Banjar yaitu penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) 2017, kategori Pratama. Penghargaan yang bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) itu diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, kepada Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, di Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/07/2017).

Atas penghargaan KLA 2017 Kategori Pratama, Walikota Banjar mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak. Walikota juga menegaskan akan berkomitmen untuk terus mencanangkan program-program yang ramah anak, dan berbagai program lainnya yang dikawal peraturan daerah guna mendukung terciptanya kawasan layak bagi anak.

Penganugerahan ini diberikan berdasarkan hasil verifikasi penilaian terhadap 24 indikator kinerja Kota Layak Anak, yang diurai pada 135 variabel. Kota Banjar sendiri berhak menyandang KLA, karena memenuhi beberapa kriteria.

Kriteria itu meliputi, adanya kenaikan persentasi anak yang diregistrasi dari 65,73 persen di tahun 2015 dan 2016 menjadi 85,89 persen. Adanya inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Satu Hari.

Kemudian, tersedianya fasilitas informasi layak anak, diantaranya ruang baca komunitas, layanan telepon sahabat anak, serta perpustakaan keliling. Adanya kelembagaan partisipasi anak, yaitu Forum Anak Kota Banjar.

Selain itu, angka perkawinan anak juga menurun dari jumlah 23 orang di tahun 2015, menjadi 7 orang pada tahun 2016. Adanya lembaga konsultasi penyedia pelayanan, adanya kemitraan dan sinergitas kegiatan PKK, Dinkes dan Dinsos, lembaga pengasuhan alternatif, infrastuktur ruang publik ramah anak, persalinan di fasilitas kesehatan 78,44 persen. Program inovasi Candu Asmara, fasilitas kesehatan ramah anak, rumah tangga dengan akses air minum dan sanitasi layak, kawasan tanpa asap rokok.

Lalu, pengembangan anak usia dini holistik dan integratif, peran dunia usaha terhadap PAUD, wajar Dikdas 12 tahun dengan Program Banjar Cerdas, sekolah ramah anak, lembaga layanan bagi anak korban kekerasan dan penelantaran Kota Banjar, penyuluhan penanggulangan penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja, penyuluhan kesiapsiagaan bencana alam, serta penyuluhan kekerasan dan kejahatan pada anak.

126 Kabupaten/Kota Raih KLA

Sebanyak 126 kabupaten/kota se-Indonesia berhasil meraih KLA 2017. Sedangkan, di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat terdapat 15 kabupaten/kota yang meraih KLA, salah satunya Kota Banjar.

Menteri PPPA, Yohana Yembise, mengapresiasi pemerintah kabupaten/kota yang dinobatkan sebagai KLA 2017 ini. Yohana menegaskan, keberhasilan kabupaten/kota tidak terlepas dari peran pemerintah provinsi yang sangat besar sebagai penggerak keberhasilan KLA.

Beberapa daerah di Jawa Barat juga meraih anugerah ini, diantaranya untuk katergori Nindya, yaitu Kota Depok dan Kabupaten Bogor, kategori Madya, Kota Bandung dan Kota Bekasi. Sementara itu, 11 daerah lainnya masuk pada kategori Pratama, yakni Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Cirebon. (Adv)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles