Seni Pewayangan di Pangandaran Perlu Dilestarikan

16/07/2017 0 Comments
Seni Pewayangan di Pangandaran Perlu Dilestarikan

Seni pewayangan yang dikembangkan SMPN 2 Parigi. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu daerah teranyar di Jawa Barat yang mana saat ini sudah memiliki pemerintahan serta Bupati dan Wakil Bupati yang definitif.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata tak henti-hentinya menyampaikan bahwa Pangandaran merupakan daerah wisata yang mana segala potensinya harus digali dan dibangun, termasuk seni dan budayanya.

“Seni dan budaya yang ada di Kabupaten Pangandaran bisa disuguhkan kepada para wisatawan, terlebih lagi turis mancanegara. Untuk itu, seni dan budaya yang ada harus dijaga serta dikembangkan dan dilestarikan keberadaannnya,” kata Jeje.

Hal senada juga disampaikan  Kasi Pembinaan Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Usep. Menurutnya, saat ini sudah waktunya generasi seni dan budaya di Pangandaran terus dikembangkan dan tetap dipelihara keberadaannya. Apalagi ia sangat setuju dengan yang disampaikan Bupati Jeje soal pelestarian seni dan budaya.

“Sebagai contoh, seni pewayangan saat ini di masyarakat masih dianggap sebagai sebuah pagelaran seni tontonan atau hiburan saja. Masyarakat saat ini belum sepenuhnya mengapresiasi seni pewayangan sebagai sebuah gambaran dan pembelajaran hidup. Maka dari itu, kondisi generasi pewayangan yang saat ini langka perlu dilestarikan seperti halnya yang sudah dilakukan SMPN 2 Parigi,” ungkapnya kepada Koran HR.

Dengan kondisi tersebut, lanjut Usep, ia berharap semua kalangan untuk bisa mengarahkan anaknya bisa belajar soal kehidupan dari seni pewayangan meskipun orang tuanya kurang menyukai seni tersebut.

“Kita harapkan seni wayang golek maupun seni padalangan yang saat ini sedang berkembang di Kabupaten Pangandaran untuk terus didukung oleh semua pihak, khususnya orang tua untuk mengarahkan anaknya mencintai kesenian asli Indonesia ini,” pungkasnya. (Ntang/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!