Smartphone Masa Depan Tak Perlu Lagi Dicas

10/07/2017 0 Comments
Smartphone Masa Depan Tak Perlu Lagi Dicas

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Ilmuwan di University of Washington, mampu membuat prototip ponsel yang tidak lagi memerlukan baterai untuk mengoperasikannya. Hal ini memungkinkan smartphone masa depan tak perlu repot-repot lagi dicas.

Dilansir Mashable, kreasi baru prototip ini dapat menyala dengan tenaga 3,5 microwatt, menggunakan berbagai pendekatan inovatif supaya mampu menghindari kebutuhan akan baterai.

Pasalnya, teknologi tersebut menggunakan daya sekitar dari sinyal radio dan cahaya.

Panel surya yang berfungsi untuk menangkap cahaya diklaim hanya seukuran satu butir beras. Daya sekitar digunakan untuk mengirim signal kembali ke stasiun pangkalan atau BTS dengan jarak sejauh 15 meter.

Prototip ini terbuat dari bahan yang ada pada selayaknya ponsel, seperti tombol sentuh kapasitif, papan sirkuit, serta berbagai komponen rumit dari smartphone pada umumnya. Namun, dalam hal ini yang menariknya adalah bagaimana ilmuwan memiliki ide guna mentransmisikan signal dengan daya super kecil.

Dengan menggunakan konfigurasi ini, para ilmuwan berhasil membuat serta menerima panggilan melalui Skype. Bahkan, salah seorang ilmuwan yang menuliskan laporannya, Vamsi Tall, mengungkap bahwa teknologi BTS yang tengah mereka kembangkan itu memungkinkan di masa depan adanya ponsel bebas baterai ada di mana-mana.

“Anda dapat membayangkan semua menara BTS atau router Wi-Fi di masa depan bisa hadir menggunakan teknologi ini,” ungkap Vamsi Tall. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!