Soal Program PISEW di Pangandaran, Begini Kata Camat Padaherang

15/07/2017 0 Comments
Soal Program PISEW di Pangandaran, Begini Kata Camat Padaherang

Pemerintah Desa Paledah dan Sukanagara saat memprotes soal Program PISEW. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Camat Padaherang, Endang Hidayat, mengatakan, dirinya mengetahui program PISEW sudah diusulkan dan disepakati oleh dua desa dari tahun 2016, yakni Desa Paledah dan Desa Sukanagara.

“Saya tahunya program PISEW tersebut baru usulan pada tahun 2016 dan ditunda dengan alasan ada penghematan anggaran negara saat itu dan akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2017,” kata Endang.

Setelah proses berjalan, lanjut Endang, keluarlah Keputusan Mentri PUPR nomor 164/kpts/2017 tentang penetapan penerima program PISEW dan yang mendapat program tersebut adalah tiga desa, yakni Desa Padaherang, Desa Kedungwuluh, dan Desa Karangsari.

“Aturan main PISEW 2016 dengan 2017 berbeda yang mana  PISEW 2016 penerima bantuan ditetapkan 1 atau 2 desa berdasarkan usulan desa-desa. Sedangkan  pada PISEW tahun 2017 harus ada 3 desa yang 1 atau 2 desa sebagai pusat pertumbuhan sesuai RTRW dan 1 desanya lagi sebagai penyangga desa ibu kota kecamatan,” jelas Endang.

Masih menurut Endang, pengalihan penerima program ini bukan saja di Padaherang, melainkan di semua kecamatan yang ada di seluruh Indonesia. Jadi, dengan penjelasan tersebut dirinya hanya meluruskan supaya jangan ada yang benturan dengan aturan. Akan tetapi, kata Endang, keputusan tersebut bukan final atau masih bisa dirubah.

“Informasi dari Dirjen Cipta Karya bahwa bulan Juli 2017 ini harus ada progres dan Agustus sudah ada pencairan. Maka, kalau dialihkan atau dirubah nanti akan tertunda dan muncul sebagai polemik lagi. Untuk itu kita upayakan untuk membuat perubahan di SK tersebut,” kata Endang lagi.

Endang menambahkan, progres penyerapan anggaran harus segera dilakukan dalam waktu satu bulan. Sementara itu, proses waktu sebelum dilakukan perubahan harus segera supaya tidak cacat hukum. Ia mengakui bahwa ini tidak sesuai usulan. Namun, ia akan melakukan jemput bola supaya dipercepat prosesnya.

“Kalau hari Jum’at Dinas PU provinsi yang akan ke Pangandaran tidak juga ada kepastian, kita akan datangi bersama-sama,” tegas Endang. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!