Soal TPS Timbulkan Bau Tak Sedap, Begini Kata Bidang Kebersihan Ciamis

Soal TPS Timbulkan Bau Tak Sedap, Begini Kata Bidang Kebersihan Ciamis

Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang terletak di Jalan Pemuda Kelurahan Ciamis Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menimbulkan bau busuk tak sadap. Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis, Bayu Rahmana, mengatakan, pihaknya akan secepatnya meninjau ke TPS jalan Pemuda guna memastikan penyebab gangguan polusi udara dari bekas tumpukan sampah.

“Kalau menimbulkan bau menyengat dari TPS, mungkin karena bekas tumpukan sampah kurang dibersihkan. Karena TPS fungsinya sebagai tempat pengumpulan sampah. Dan ketika sampah sudah terkumpul, kemudian diangkut oleh mobil dump truk untuk dibuang ke TPA,” ujarnya, kepada Koran HR, Selasa (18/07/2017) lalu.

Bayu mengatakan, di setiap TPS tidak pernah menyimpan sampah lebih dari satu hari. Bahkan, tambah dia, tumpukan sampah hanya disimpan dalam hitungan jam saja. “Sampah dikumpulkan dari pagi sampai siang oleh petugas pemungut sampah ke TPS. Setelah terkumpul, kemudian sampah diangkut oleh dump truk,” ujarnya.

Namun begitu, lanjut Bayu, pihaknya akan segera mengatasi permasalahan bau tak sedap tersebut. “Mungkin bekas sampahnya kurang dibersihkan. Dan kami akan segera meminta kepada petugas TPS agar membersihkan bekas tumpukan sampai benar-benar bersih dan tak lagi menimbulkan bau tak sedap,” pungkasnya. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles