Tahun Anggaran 2017, Pemdes Sukamukti Banjar Fokus Bangun Desa Wisata Batupeti

16/07/2017 0 Comments
Tahun Anggaran 2017, Pemdes Sukamukti Banjar Fokus Bangun Desa Wisata Batupeti

Kepala Desa Sukamukti, H. Yosep Firmansyah. Foto: Dokumen HR 

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam upaya mewujudkan Desa Wisata, di Tahun Anggaran (TA) 2017, Pemerintah Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, kembali merealisasikan pembangunan/penataan lanjutan di kawasan Desa Wisata Batupeti, yang telah dikerjakan secara bertahap dari tahun 2015.

Kepala Desa Sukamukti, H. Yosep Firmansyah, di dampingi sekretarisnya, Nana Juhana. SH., dan Kasi. Kesejahteraan Desa Sukamukti, Haerudin (Iyeng), mengatakan, pembangunan yang dikerjakan diantaranya pembuatan kolam wisata air, kirmir nusa, perataan akses jalan, serta penghijauan dengan penanaman buah-buahan unggulan.

“Untuk akses jalan memang belum diaspal, masih batu jadi diratakan dulu. Sedangkan, penanaman buah unggulan itu untuk wisata kebun buah. Adapun jenis buah unggulan yang ditanam meliputi blimbing si madu, jambu kristal, lengkeng, jeruk, jambu dipa dan nanas,” terang Yosep, saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Senin (10/07/2017) lalu.

Fasilitas lainnya yang tersedia di Desa Wisata Batupeti yaitu adanya lokasi panahan. Pembuatan lokasi olahraga panahan ini munculnya dari swadaya masyarakat. Selain itu, pihak pemerintah desa pun rencananya akan menambah fasilitas lain untuk olahraga berkuda dan renang.

Dengan adanya fasilitas olahraga panahan, berkuda dan renang, Desa Wisata Batupeti diharapkan menjadi tempat wisata religi. Karena secara sunah Rosul, katiga jenis olahraga tersebut merupakan olahraga yang biasa dilakukan oleh Rossululloh SAW.

“Kalau untuk panahan, sekarang juga sudah sering digunakan untuk latihan, bahkan pengrajin panahnya juga ada di Sukamukti. Tapi, untuk melengkapi fasilitasi ini belum ada pendanaan dari pemerintah, jadi masih swadaya masyarakat. Sedangkan untuk pembangunan kolam renang kami rencanakan di tahun 2018. Mudah-mudahan ini jadi tempat wisata religi,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Yosep, untuk wisata Curug Panganten, pihaknya juga belum mengalokasikan dana dari APBDes. Selama ini lokasi wisata tersebut masih dikelola oleh masyarakat karena Pemerintah Desa Sukamukti belum ada MoU dengan pihak PTPN Nusantara VIII Batulawang.

Yosep juga mengatakan, bahwa pembangunan infrastruktur lainnya yang akan direalisasikan tahun 2017 ini meliputi, finisihing pembangunan aula/gedung serba guna Desa Sukamukti,  pemeliharaan jalan di Dusun Bebedahan, pembuatan kirmir penahan jalan di Dusun Sukamulya, yakni akses jalan menuju Curug Panganten, serta pembuatan rabat beton jalan kip.

Selain bidang infrastruktur, Pemerintah Desa Sukamukti juga akan melaksanakan kegiatan di bidang pemberdayaan yang meliputi pelatihan-pelatihan maupun pembinaan untuk peningkatan kapasitas kelembagaan desa, aparatur desa, RT/RW, kelompok tani, serta lembaga kemasyarakatan.

Sekretaris Desa Sukamukti, Nana Juhana. SH., menambahkan, di Tahun Anggaran 2017 ini, Pemerintah Desa Sukamukti mendapatkan dana transfer berupa Dana Desa (DD) sebesar Rp.989.123.000, Alokasi Dana Desa (ADD) Rp.2.535.101.000, BHPD Rp.54.485.000 dan BHRD Rp.40.137.000.

“Yang dikonsentrasikan dari pencairan DD tahap 1 yakni pembuatan kolam wisata air di area Desa Wisata Batupeti, dan sekarang sudah mulai dikerjakan,” pungkas Nana. (Eva/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!