Ternyata Tidur Miring ke Kiri Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

05/07/2017 0 Comments
Ternyata Tidur Miring ke Kiri Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Posisi bisa tidur memengaruhi kualitas tidur seseorang. Dengan demikian, menjaga waktu tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik.

Menurut sebuah penelitian kecil, tidur dengan posisi miring ke kiri bisa membuat kesehatan tubuh lebih baik dan waktu tidur jadi berkualitas. Hal ini berawal dari Ayuverda, yakni sebuah pendekatan holistik terhadap kesehatan dan pengobatan yang berasal dari India. Bahwa, tidur dengan posisi menghadap ke kiri baik bagi pencernaan, punggung, bahkan jantung.

Dilansir Life Hack, Rabu (05/07/2017), hal tersebut disebabkan posisi organ yang berbeda-beda. Lantas, apa saja manfaat dari tidur miring ke kiri? Berikut ini adalah penjelasannya;

Menurut pengobatan Ayuverda, tidur miring ke kiri memungkinkan tubuh untuk bisa lebih memfilter cairan getah bening dan limbah, karena sisi limfatik yang dominan berada di sebelah kiri.

Sebaliknya, posisi tidur menghadap ke sebelah kanan dapat menurunkan efisiensi sistem limfatik. Penelitian lain juga mengungkap bahwa tidur menghadap ke kiri bisa membantu tubuh memproses limbah yang berasal dari otak.

Selain itu, baik pula untuk pencernaan dibandingkan dengan tidur miring ke kanan yang disebabkan adanya gravitasi sederhana. Tidur miring ke kiri juga memudahkan makanan yang berada di usus besar berpindah ke kolon desendens.

Hal tersebut memungkinkan Anda untuk bisa buang air besar saat bangun tidur di pagi hari. Karena perut dan pankreas berada pada posisi yang seharusnya, sehingga enzim pankreas bisa tetap berkembang dan proses pencernaan berjalan lancar.

Itu sebabnya mereka yang memiliki masalah pencernaan, seperti sakit maag dan gastroesophageal reflux (GERD), disarankan untuk tidur miring ke kiri. Tujuannya supaya rasa sakit yang timbul dari kedua penyakit itu lebih sedikit, jadi tidak menganggu kenyamanan tidur.

Sebuah studi yang dipublikasikan The Journal of Clinical Gastroenterology, mengungkap bahwa berbaring dengan memiringkan badan ke sebelah kiri dapat mengurangi mulas karena perut terletak di sisi kiri.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki sakit pinggang kronis, perlu pula mengubah posisi tidur ke sisi kiri. Hal itu bisa meringankan tekanan pada tulang belakang, sehingga punggung akan terasa lebih nyaman dan tidur pun menjadi lebih nyenyak. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!