Tingkatkan Kinerja Guru, Disdikpora Pangandaran Gelar PAK Guru 2017

14/07/2017 0 Comments
Tingkatkan Kinerja Guru, Disdikpora Pangandaran Gelar PAK Guru 2017

Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit (PAK) guru tahun 2017 oleh Disdikpora Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran melakukan Penilaian Angka Kredit (PAK) guru tahun 2017 guna meningkatkan kinerja guru menjadi lebih optimal sebagai bentuk usulan kenaikan pangkat dan jabatan para pendidik di lingkup Disdikpora Pangandaran.

Kegiatan yang berlangsung pada Juni 2017 lalu melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikpora di Pangandaran, Kabid Pembinaan dan Ketenagaan, Usep Efendi, mengungkapkan, bahwa supaya jabatan profesi guru lebih berkualitas dan sesuai aturan, diperlukan sekali suatu penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan kewajibannya.

“Kita nilai soal pelaksanaan pengembangan diri, pengembangan publikasi ilmiah atau karya inovatif yang mana sesuai Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan fungsional guru dan Angka Kreditnya yang diberlakukan mulai tanggal 1 Januari 2013,” jelasnya kepada HR Online, Kamis (14/07/2017).

Usep menjelaskan, bahwa kenaikan jabatan guru itu berdasarkan angka kredit yang dipersyaratkan dan ditetapkan oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Maka dari itu, dilakukanlah PAK tersebut. Selain itu, kata Usep, Guru yang memiliki angka kredit melebihi angka kredit yang ditentukan untuk kenaikan jabatan setingkat lebih tinggi, kelebihan angka kredit tersebut secara kumulatif diperhitungkan untuk kenaikan jabatan berikutnya.

“Tujuan yang ingin dicapai, yakni untuk meningkatkan kinerja guru supaya menjadi lebih optimal. Sehingga, setiap guru bisa diusulkan untuk mendapatkan kenaikan pangkat dan jabatannya,” kata Usep lagi.

Ia menambahkan, adapun tata cara penilaian PAK tersebut yang diberlakukan mulai 1 Januari 2013 lalu secara fokus meruujuk pada pasal 11 Permen PAN-RB nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan fungsional guru dan Angka kredit. 

Di antara tata cara PAK tersebut, sambung Usep, adalah Penilaian Kinerja Guru (PKG) dengan melaksanakan proses pembelajaran, bagi guru kelas dan guru mata pelajaran juga melaksanakan proses bimbingan, bagi guru bimbingan dan konseling serta melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi di sekolah atau madrasah masing-masing.

“Langkah PAK guru seperi Angka Kredit Komulatif Minimal, PKG yang mana dilakukan dua kali dalam satu tahun (formatif dan sumatif) yang menggunakan instrumen sebanyak 14 kompetensi  bagi guru kelas dan atau mata pelajaran. Selain itu, sebanyak 17 kompetensi bagi guru BK atau konselor juga menjadi penilaian. Sementara pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah madrasah seperti Kepsek, Wakasek, dan sebagainya juga menjadi langkah PAK,” terangnya.

Keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini, imbuh Usep, sangat ditentukan oleh berbagai unsur yang berkepentingan seperti halnya pelaksanaan kegiatan secara tertib, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.

“Diharapkan mereka dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan Penilaian Angka Kredit (PAK) Guru 2017 mencapai hasil yang optimal,” pungkas Usep Efendi. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!