Wabup Ciamis: Calon Kepsek Harus Punya Karakter Pemimpin

Wabup Ciamis: Calon Kepsek Harus Punya Karakter Pemimpin

Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin menyalami salah satu tokoh agama. Foto: Heri/HR

 Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Wakil Bupati Ciamis, Oih Burhanudin, berharap calon kepala sekolah yang mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) harus memiliki karakter pemimpin. 

“Sebab, kepala sekolah merupakan leader di lingkungan sekolah. Kepala sekolah punya peran penting dalam meningkatkan kualitas (mutu) pendidikan,” kata Oih saat memberikan sambutan pada acar Diklat Calon Kepsek, di Aula BKPSDM Ciamis. 

Oih mengungkapkan, pendidikan di Kabupaten Ciamis menunjukkan perkembangan yang sangat positif. Menurut dia, hal itu dilatarbelakangi oleh peningkatan kapasitas serta kemampuan para Kepsek.

Diakui Oih, posisi Kepsek sangat sentral bagi kesuksesan proses belajar mengajar. Pasalnya, muara dari proses belajar mengajar tersebut adalah lahirnya anak didik yang memiliki kemampuan secara akademik dan mental.

“Hulunya kemajuan pendidikan ada di peranan kepala sekolah, sedangkan muaranya adalah lahirnya anak didik yang memiliki kemampuan,” katanya.

Oih menegaskan, Kepsek harus menjadi pemimpin bagi para guru atau tenaga pendidik. Untuk itu, Kepsek harus disiplin serta amanah agar menjadi tauladan bagi guru, anak didik dan warga sekolah.

“Kepala sekolah yang berkompeten akan menjadikan sekolahnya penuh dengan prestasi,” pungkasnya. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles