Warga Linggaharja Ciamis Pertahankan Budaya Gotong-Royong

13/07/2017 0 Comments
Warga Linggaharja Ciamis Pertahankan Budaya Gotong-Royong

Warga Dusun Linggaharja, Desa Mekarsari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, masih mempertahankan budaya gotong-royong dalam setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa setempat. Photo : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Linggaharja, Desa Mekarsari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, masih mempertahankan budaya gotong-royong dalam setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa setempat.

Salah satu contohnya ketika melaksanakan kegiatan pengecoran jalan Dusun Linggaharja, blok Cilantung, yang anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD). Warga sangat antusias turut andil terjun ke lapangan untuk ikut melaksanakan kegiatan pengecoran tersebut.

“Setiap kegiatan pembangunan pasti warga turut andil bergotong-royong membantu pemerintah desa menyelesaikan pembangunan, baik itu sarana jalan maupun irigasi. Terlebih pembangunan tersebut merupakan ajuan dari masyarakat,” kata Didi Carwadi, Kepala Dusun Linggaharja, Selasa (11/7/2017) lalu.

Didi menuturkan, karena tanggung jawab pihaknya bersama warga selalu intens melakukan komunikasi dan kordinasi. Terlebih pada saat akan melaksanakan kegiatan pembangunan di tingkat desa.

“Dengan adanya gotong-royong ini, jelas menumbuhkembangkan rasa kecintaan terhadap daerah sendiri. Maka dari itu budaya ini akan terus kami pertahankan selagi kami bisa memajukan daerah,” katanya.

Sementara itu, Angga Nugraha, wakil rakyat asal Tambaksari, ketika ditemui Koran HR, Selasa (11/10/2017) lalu, mengaku sangat bangga kepada masyarakat Tambaksari yang masih mempertahankan budaya gotong-royong dalam kegiatan sehari-hari.

“Ini adalah bentuk masih terjaganya kearifan lokal yang mungkin di daerah lain sudah mulai ditinggalkan. Namun kami akan tetap melestarikan budaya gotong-royong ini. Sebab dengan gotong-royong menumbuh kembangkan kebersamaan,” katanya. (Es/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!