Wow! Taksi Drone akan Beroperasi di Dubai Akhir tahun Ini

21/07/2017 0 Comments
Wow! Taksi Drone akan Beroperasi di Dubai Akhir tahun Ini

Taksi drone Volocopter 2X. Photo : Volocopter

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Setelah di Singapura ada taksi tanpa pengemudi, di Dubai juga akan ada taksi terbang. Taksi pesawat nirawak alias drone ini dikabarkan akan segera beroperasi akhir tahun 2017.

Dikutip dari Business Insider beberapa waktu lalu, taksi drone ini merupakan buatan Volocopter dari Jerman. Rencananya sesuai dengan kontrak antara Volocopter dengan RTA (Roads and Transport Authority) atau otoritas transportasi Dubai, taksi drone pertama kali akan terbang Desember 2017.

Akan tetapi, taksi pesawat nirawak tersebut masih dalam tahap pengawasan dari pemerintah Dubai, selama kurun waktu 5 tahun.

Prototipe model pertama taksi terbang produk Volocopter, VC200, pernah diuji coba pertama kali tahun lalu dengan membawa penumpang. Sementara untuk yang nanti akan terbang di Dubai merupakan seri “Volocopter 2X”.

Sedangkan untuk terbangnya, taksi drone Volocopter sama seperti helikopter, yaitu kendaraan Vertical Take-Off and Landing (VTOL). VTOL merupakan metode kendaraan yang take-off dengan cara vertikal, sehingga saat akan terbang kendaraan tanpa perlu ancang-ancang dari jauh layaknya pesawat terbang.

Untuk bahan bakarnya, taksi ini memakai baterai berjumlah 9, yang bisa dicharge selama 40 menit. Dengan 9 baterai, taksi drone sanggup terbang 30 menit dengan kecepatan 50 km/jam bahkan bisa mencapai 100 km/jam. Sedangkan rotor atau baling-baling kecil berjumlah 18. Mereka mengklaim rotor tersebut tidak mengakibatkan kebisingan.  

Sebagai pengganti supir, Volocopter 2X memakai sensor penerbangan otonomos. Namun nantinya akan ada pilot khusus, yang tugasnya mengontrol jalur penerbangan. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!