Begini Langkah Mudah Hindari Aplikasi Berbahaya di Android

20/08/2017 1 Comment
Begini Langkah Mudah Hindari Aplikasi Berbahaya di Android

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Banyaknya aplikasi yang ditawarkan pengembang untuk pengguna Android ternyata tidak sedikit yang justru membahayakan pengguna. Pasalnya, dalam aplikasi tersebut kerap digunakan penjahat siber untuk menyusupkan Malaware.

Terbaru, ada sebuah layanan yang bernama Google Play Protect khusus membantu pengguna Android agar tetap aman dan terbebas dari aplikasi mencurigakan.

Cara kerja dari layanan ini, ponsel maupun tablet yang berbasis Android akan terus menerus memindai ponsel serta akan mengingatkan pengguna jika ada masalah atau bahaya. Perlu diketahui, Play Protect dibuat untuk memindai dan mengidentifikasi aplikasi yang buruk maupun bahaya di Play Store. Jadi, bukan dari situs web pihak ketiga yang menjadi penyedia aplikasi.

Seperti yang dilansir HR Online dari Cnet, langkah paling sederhana agar perangkat tetap aman adalah memasang Play Store. Selanjutnya, ada cara tersendiri untuk memeriksa aplikasi apakah dilindungi oleh Play Protect disetujui.

Jika Anda ingin melihat status pemindaian, pastikan Play Protect diaktifkan dengan membuka Setting> Google> Security> dan Google Play. Selnajutnya, ketika Google merampungkan peluncuran Play Protect, akan terlihat oleh Anda sebuah lencana verifikasi di Play Store. Dan ini merupakan langkah cepat pemeriksaan aplikasi yang aman tanpa harus menunggu untuk menginstalnya yang dilanjutkan Play Protect berjalan melakukan pemindaian.

Perlu diingat, aplikasi yang diunggah ke Play Store tidak menjadi jaminan dari penjahat yang mencoba menyelinap ke aplikasi, apalagi saat memperbaharui aplikasi. Selain itu, saat Google melengkapi peluncuran Play Protect menunjukan jaminan aman untuk aplikasi yang akan diperbaharui. Pada bagian atas daftar pembaharuan, anda akan melihat ‘No problem found’ berikut waktu terkahir pemindaian. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply