Bulan ini, Gerhana Matahari Total Akan Terlihat di Amerika

12/08/2017 Berita Terbaru , Teknologi
Bulan ini, Gerhana Matahari Total Akan Terlihat di Amerika

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Bulan Agustus ini kembali disuguhi fenomena langit langka yang jarang terjadi. Sebelumnya 7 Agustus lalu terjadi gerhana bulan pasial, sedangkan 21 Agustus 2017 nanti akan ada gerhana matahari total.

Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), gerhana matahari total kali ini akan terjadi di Amerika Serikat. Seperti daerah Boise, Salem, Omaha, Casper, St. Louis, Kansas City,  Nashville, Charleston, dan Athens, yang bisa melihat secara langsung.

Dikutip dari Chicago Tribune, path of totality atau bayangan penuh dari bulan akan dimulai dari Oregon kemudian Nebraska dan South Carolina. Kejadian ini sangat dinantikan warga Amerika. Pasalnya, terakhir terjadi di AS yaitu tahun 1918 silam.

Untuk itu, NASA mengingatkan warga Amerika Serikat agar menggunakan kacamata khusus. Kacamata atau flter khusus ini sangat aman dari radiasi sinar matahari yang sangat berbahaya untuk mata. Seperti kacamata yang bersertifikasi ISO 12312-2.

Tujuan dari peringatan NASA tersebut karena sudah banyak kacamata yang palsu atau menggunakan bahan yang tidak bisa menahan sinar inframerah dan ultraviolet, yang beredar di pasaran.

Bagi yang ingin aman melihat gerhana matahari total, NASA merekomendasikan produsen kacamata khusus yang sudah terakreditasi. Antara lain, Baader Planetarium, American Paper Optics, Celestron dan APM Telescope. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles