Dua Hektar Lahan di Lapas Banjar Terbakar

17/08/2017 0 Comments
Dua Hektar Lahan di Lapas Banjar Terbakar

Salah satu petugas saat memadamkan api di lahan yang terbakar. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Lahan kering kurang lebih seluas dua hektar di sekitar Lapas Kelas III Kota Banjar yang terletak di Lingkungan Sukamanah Kelurahan Pataruman Kecamatan Pataruman terbakar, Rabu (17/8/2017). 

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB ini, diduga akibat dari pembakaran sampah sembarangan. Dalam peristiwa ini, petugas dari BPBD dan Pemadam Kebakaran kesulitan saat memadamkan api, hal ini karena medan yang cukup sulit. Warga dan petugas Lapas pun terkejut dengan adanya peristiwa kebakaran lahan gambut di bukit bawah Lapas tersebut. 

Khawatir api semakin membesar, pihak Lapas langsung menghubungi BPBD dan Petugas Pemadam Kebakaran untuk memadamkan api. 

“Kami sempat kaget khawatir api semakin membesar. Kami pun langsung menghubungi BPBD dan Pemadam Kebakaran,” ujar Endis, salah satu petugas Lapas Banjar kepada HR Online.

Petugas pemadam kebakaran dan BPBD mengaku kesulitan saat memadamkan api. Hal ini dikarenakan lokasi yang cukup sulit dan berada di perbukitan Lapas.  Sehingga,  petugas terpaksa menggunakan peralatan seadanya untuk menjangkau titik api. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar Yayan Herdiaman mengatakan, bahwa penyebab kebakaran lahan gambut itu diduga adanya kelalaian dari warga di sekitar lokasi yang melakukan pembakaran sampah. 

“Ini akibat dari pembakaran sampah yang diduga dilakukan oleh warga,dan yang terbakar ada sekitar dua hektar,” katanya. 

Yayan menambahkan, karena lahan tersebut merupakan tanaman ilalang, sehingga membuat kobaran api cepat meluas. Api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam kemudian dengan menerjunkan dua unit mobil damkar. 

“Sekitar dua jam api baru padam. Damkar yang diterjunkan sebanyak dua unit,” ujarnya. 

Dengan adanya kejadian kebakaran ini, dia menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika akan membakar sampah.

“Masyarakat harusnya lebih berhati-hati. Kalau mau bakar sampah tunggu sampai api benar-benar padam dan jangan sampai kejadian seperti ini kembali terulang,” pungkasnya. (Hermanto/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!