Gerakan Sayangi Bumi, Yayasan Maharyapati Galakkan Tanam Pohon Aren di Kawasen Ciamis

Gerakan Sayangi Bumi, Yayasan Maharyapati Galakkan Tanam Pohon Aren di Kawasen Ciamis

Dewan Pembina Pusat bersama Ketua Korwil Jabar Yayasan Maharyapati saat menanam pohon aren di bilangan Sungai Cikawasen, Minggu (06/08/2017) lalu. Photo : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Untuk menghindari terjadinya kekeringan yang diakibatkan oleh pemanasan global, Yayasan Maharyapati melakukan penanaman pohon aren dan sukun di sepanjang Sungai Cikawasen, tepatnya di Desa kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ketua Koordinator Yayasan Maharyapati Wilayah Jawa Barat, Ropik Hikmayana, ketika ditemui Koran HR, Minggu (06/08/2017) lalu, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda Yayasan Maharyapati dalam rangka menyayangi bumi serta antisipasi terjadinya kekeringan yang bisa mengancam terhadap kelangsungan hidup manusia.

“Penanaman pohon aren di sepanjang Sungai Cikawasen ini adalah program Yayasan Maharyapati. Untuk penanaman pohon aren dan sukun di wilayah Banjarsari menggandeng LSM Pelangi, kepolisian dan TNI,” katanya.

Ropik berharap, kegiatan penanaman pohon aren dan sukun tersebut memotivasi masyarakat untuk sadar terhadap lingkungan. Selain itu, turut menjaga, menyayangi serta melestarikan alam.

Ketua Dewan Pembina Pusat Yayasan Mahryapati, Ndaru Kusumo, menuturkan, pihaknya sedang menggalakkan penanaman pohon aren dan sukun. Menurut dia, kegiatan penanaman pohon aren dan sukun tersebut tidak hanya dilakukan di wilayah Banjarsari, tapi di seluruh Indonesia.

“Salah satu tujuan penanaman pohon aren ini adalah untuk menjaga lingkungan (sungai tidak abrasi). Aren juga mampu memulihkan kembali panas bumi (global warming). Dan yang penting lagi adalah aren salah satu tanaman yang mampu menumbuhkan air serta menumbuhkan kembali nilai ekonomi,” katanya.

Ndaru Kusumo menjelaskan, dulu gula aren mampu menembus dunia. Dan Indonesia menjadi terkenal dengan gula arennya. Maka dari itu, kini Indonesia berupaya mengangkat gula kembali mendaulat.

Menurut Ndaru Kusumo, penanaman pohon aren ini juga akan dilakukan di Alas Roban, Wonobadranan Rogoselo dan Wonotunggal, Pekalongan. Untuk itu, masyarakat harus bersama-sama menjaga kelestarian pohon aren. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles