GNC Gelar Kejuaraan Koi Show Tingkat Nasional di Ciamis

Galuh Nishikigoi Club (GNC) Kabupaten Ciamis yang akan menggelar kejuaraan Junior Koi Show 2017 bertempat di Gedung Golkar Kabupaten Ciamis pada tanggal 11-13 Agustus 2017. Foto: Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Galuh Nishikigoi Club (GNC) Kabupaten Ciamis akan menggelar kejuaraan Junior Koi Show 2017, bertempat di Gedung Golkar Kabupaten Ciamis pada tanggal 11-13 Agustus 2017. Informasi yang berhasil dihimpun Koran HR, kejuaraan Junior Koi Show 2017 ini akan diikuti oleh Komunitas Ikan Koi yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia.

Ketua Umum GNC Kabupaten Ciamis, Kusman Chandra, ketika ditemui Koran HR, Selasa (08/08/2017) lalu, mengatakan, kejuaraan Junior Koi Show 2017 ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan ini tidak hanya memperebutkan gelar juara saja, tapi kejuaran tersebut juga sengaja digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan dan menarik minat masyarakat Ciamis dalam membudidayakan Ikan Koi.

“Masyarakat dipersilahkan datang dan menyaksikan acara ini, tidak dipungut biaya alias Gratis. Mayarakat harus tahu bagaimana Ikan Koi ini sangat berharga. Peternak ikan Ciamis ini bisa membudidayakan ikan ini,” katanya.

Kusman menjelaskan, saat ini harga Ikan Koi sangat menjanjikan. Apalagi permintaan ikan koi di Indonesia cukup tinggi, sementara ketersediaan masih kurang. Dengan begitu, permintaan Ikan Koi saat ini belum dapat terpenuhi dengan baik.

“Potensi budidaya Ikan Koi masih terbuka lebar, saya menginginkan seluruh peternak ikan bisa membudidayakan Ikan Koi. Terlebih Ciamis sangat cocok untuk ikan koi karena dukungan air yang cukup dan cuaca,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua GNC, Dian Udeng, menambahkan, di Jawa Barat penghasil Ikan Koi hanya ada di Daerah Sukabumi. Untuk prospek kedepannya Ciamis bisa menjadi sentra koi. Dalam pemasarannya pembudidaya bisa bekerjasama dengan GNC supaya semua dapat terorganisir mulai dari budidaya hingga pemasaran.

Saat ini, kata Dian, anggota GNC sudah mencapai 31 orang. Umumnya mereka merupakan peternak ikan koi dan sebagian lagi penghobi. Meski pertama kali digelar, namun kejuaraan tersebut berskala nasional. Pesertanya dari berbagai daerah, mulai dari Jakarta, Surabaya, Sumatera, Palembang, Makasar, Sulawesi dan Banjarmasin.

“Kami akan terus mengarahkan seluruh peternak ikan untuk bisa bekerjasama dalam budidaya Ikan Koi. Kami akan para petani untuk study banding ke berbagai daerah penghasil Ikan Koi terbaik di Indonesia. Diantaranya, Blitar, Sukabumi dan daerah lainnya,” singkatnya. (Tan/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar