Hmm! ODMK Dibiarkan Berkeliaran di Taman Surawisesa Ciamis

Hmm! ODMK Dibiarkan Berkeliaran di Taman Surawisesa Ciamis

Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) seringkali berkeliaran di bilangan Taman Surawisesa, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Keberadaan ODMK tersebut membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Photo : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) seringkali berkeliaran di bilangan Taman Surawisesa, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Keberadaan ODMK tersebut membuat pengunjung merasa tidak nyaman. 

Yanti, pengunjung asal Lumbungsari, ketika ditemui Koran HR, Selasa (08/08/2017) lalu, mengaku prihatin lantaran pemerintah kurang perhatian terhadap keberadaan ODMK yang kerap berkeliaran di Taman Surawisesa.   

“Meski tidak mengganggu, keberadaannya membuat pengunjung tidak nyaman,” katanya. 

Dedi, pengunjung lainnya, berpendapat, keberadaan ODMK di kawasan Taman Surawisesa berasal atau bahkan buangan dari daerah lain. Pasalnya ODMK di Taman Surawisesa tidak dikenali sebagai warga setempat.

“Meski tidak tahu persis asal-usulnya, secara pribadi saya turut prihatin. Sebab, tidak menutup kemungkinan orangtua atau keluarganya sedang mencari,” katanya.

Herdis, Alumnus Sospol, ketika dimintai tanggapan, menuturkan, ODMK yang ada di Taman Surawisesa terlihat bersih. Dari gerak-geriknya, ODMK tersebut sepertinya hanya mengalami keterbelakangan mental.  

“Belum bisa dibilang ODMK. Kemungkinan dia terjaring rajia dan sengaja dibuang kesini. Karena dia bukan warga Kawali. Kalau dibiarkan tidak ada solusi, persoalan seperti ini akan sangat memilukan,” katanya.

Menurut Herdis, persoalan penanganan ODMK merupakan masalah klasik. Menghadapi kasus seperti ini, Dinas Sosial mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan pusat harusnya duduk bersama mencari solusi.  

“Sebab ODMK yang berkeliaran dimanapun tidak diketahui identitasnya. Namun, sebagai warga Negara Indonesia, dia perlu dilindungi,” katanya. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles