Jangan Lupa, Malam Ini Ada Gerhana Bulan Parsial

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Senin, 7 Agustus 2017, tepatnya malam nanti, akan terjadi fenomena langit yang sangat menarik yaitu gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian.

Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sabtu (5/8/2017), gerhana yang terjadi karena matahari ‘memakan’ bulan ini akan dimulai Senin (7/8/2017) pukul 22.48 WIB, sampai Selasa (8/8/2017) pukul 00.22 WIB. Namun puncaknya terjadi pukul 01.20 WIB.

Dikatakan gerhana bulan parsial karena cahaya matahari yang akan menerangi bulan terhalang oleh bumi, karena bumi bergerak di antara bulan dengan matahari tapi tidak satu garis.

Meski sinar matahari dihalangi bumi, namun masih ada sebagian permukaan bulan yang terkena sinar matahari. Kejadian inilah yang banyak orang katakan bulan ‘dimakan’ matahari.

Untuk menyaksikan fenomena langka ini, dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun akan sangat jelas apabila memakai teropong.

Gerhana bulan parsial bisa dilihat di seluruh Indonesia, sebagian benua Eropa, sebagian Afrika, Australia dan seluruh negara di benua Asia. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA