Kemeriahan HUT RI, Emak-emak di Pangandaran Ini Ikuti Lomba Panjat Pohon Pisang

24/08/2017 0 Comments
Kemeriahan HUT RI, Emak-emak di Pangandaran Ini Ikuti Lomba Panjat Pohon Pisang

Ibu-ibu di Dusun Dusun Sindangherang, Desa Padaherang, Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran dari RT 01 dan 02 RW 03 saat berlomba memanjat pohon pisang untuk mendapatkan hadiah. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam memeriahkan HUT RI ke-72, tidak terlepas dari berbagai kegiatan yang erat kaitannya dengan perlombaan mulai yang biasa saja hingga cukup nyleneh. Hal tersebut sebagai ungkapan kegembiraan masyarakat dalam merayakan kemerdekaan Negara Indonesia.

Seperti halnya di Dusun Sindangherang, Desa Padaherang, Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Dua RT gabungan dari RT 01 dan 02 RW 03, ibu-ibu di wilayah tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiah melalui panjat pohon pisang. Tak tanggung-tanggung, hadiah yang diberikan berupa uang sebesar Rp. 500 ribu dan untuk usia dewasa hadiah utamanya berupa satu unit sepeda motor.

Kepala Desa Padaherang, Suryati, mengatakan, kegiatan tersebut tiada lain untuk memupuk kebersamaan di lingkungan yang mana melalui perlombaan tersebut nilai gotong royong sangat erat sekali.

“Selain panjat pohon pisang, sebanyak 16 kilogram ikan emas, mujaer dan lele disebar di kolam ukuran 7 X 8 meter. Masyarakat sangat antusias sekali mengikutinya dan tampak menyatu. Inilah yang diharapkan dari masyarakat, kompak,” ujarnya kepada HR Online, Minggu (20/08/2017) lalu.

Lomba panjat pisang yang biasanya dilakukan kaum adam, kata ia, tentu sudah menjadi hal biasa. Berkat ide dua Ketua RT, yakni Ade Saryan dan Entom serta RW Komar, Suryati menilai kegiatan yang diikuti mayoritas ibu-ibu tersebut sungguh unik.

“Saya sangat apresiasi dengan mereka. Mudah-mudahan kekompakan ini bisa terus terjaga meskipun di luar perayaan Hari Kemerdekaan seperti saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Totong Solihin, salah satu tokoh masyarakat setempat, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bentuk ungkapan syukur masyarakat setempat karena Indonesia sudah merdeka sejak 72 tahun silam.

“Semoga dengan kita memeriahkan kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan mempererat tali persaudaraan, semoga kemeriahan ini mempunyai arti dan makna sehingga bermanfaat ke depannya,” ujar Totong. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!