Malam Agustusan, Warga Ciamis Ini Rutin Gelar Sepak Bola Api

18/08/2017 0 Comments
Malam Agustusan, Warga Ciamis Ini Rutin Gelar Sepak Bola Api

Permainan sepak bola api yang digelar warga Ciherang Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis. Foto: Entang SR/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Berbagai kegiatan digelar masyarakat dalam memeriahkan HUT RI ke-72 baik yang biasa hingga yang paling ekstrim. Di Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, masyarakat setempat setiap malam 17 Agustus selalu menggelar sepak bola api.

Dalam permainan sepak bola api tersebut, bola yang dipakai menggunakan kelapa yang direndam beberapa waktu hingga minyak tanahnya meresap. Setelah itu, baru bola tersebut dibakar hingga menyala semuanya dan siap dimainkan oleh pemain yang terdiri dari dua tim.

Yayan, salah satu warga, mengatakan, pertandingan sepak bola api tersebut selalu digelar tiap tahunnya setiap malam 17 Agustus sebagai kegiatan terakhir warga Ciherang sebelum memperingati puncak HUT RI, yakni upacara bendera.

“Dalam permainan ini tidak ada unsur magisnya, jadi murni menggunakan kekuatan kaki pemain,” jelasnya kepada HR Online.

Ia menambahkan, makna dari permainan tradisional asli Indonesia tersebut adalah sebagai bentuk kebersamaan dan keberanian. Meski bisa saja melukai kaki pemain karena panasnya bola tersebut, namun hal itu tetap saja tidak menyurutkan pemain menunjukkan aksinya.

“Kita juga mengutamakan sportifitas dan kekompakan. Apalagi permaiann seperti ini sangat dinikmati oleh para penonton maupun para pemain sehingga terciptanya kerukunan,” pungkas Yayan. (Ntang/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!