Merdeka! YRBK Ingatkan Pemkot Banjar Pentingnya Budaya Literasi

21/08/2017 0 Comments
Merdeka! YRBK Ingatkan Pemkot Banjar Pentingnya Budaya Literasi

YRBK saat bersama pasukan dalam kegiatan pawai alegoris HUT RI ke-72 di Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Di tengah-tengah beragamnya kreativitas yang ditampilkan berbagai dinas, OPD, kecamatan, desa atau kelurahan serta elemen lain dalam pawai alegoris HUT RI ke-72 di Kota Banjar, ada salah satu penampilan yang cukup menarik dari Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK), yakni sepanjang jalan meneriakan yel-yel literasi bersama mahasiswa UIN Bandung.

Mengusung tema Literasi Merdeka, sepanjang jalan hingga tiba di panggung kehormatan di tribun yang di mana Walikota serta pejabat lainnya secara langsung menyaksikan berbagai kreatifitas YRBK terus menyuarakan semangat literasi. Bahkan, di sela-sela penampilan dihadapan para pejabat, Ketua YRBK, Siti Maro’ah, langsung memberikan sebuah figura berukuran besar kepada Walikota yang berisi foto berbagai kegiatan literasi YRBK selama ini.

“Kami ingin mengingatkan kepada pejabat di Kota Banjar dan juga masyarakat bahwa menumbuhkembangkan budaya literasi sangat penting. Maka dari itu, jangan sampai dilupakan dari agenda pembangunan di Kota Banjar, khususnya demi kualitas SDM,” ucap Sofian Munawar, Pendiri YRBK, seperti dalam press release yang diterima HR Online, Minggu (20/08/2017).

Ia menambahkan, dalam kesempatan di Hari Kemerdekaan RI ke-72, YRBK telah menggelar berbagai kegiatan sebagai bentuk partisipasi dalam memeriahkan HUT RI yang berkaitan dengan literasi, yakni menggelar apel litaresi merdeka sekaligus memberikan penghargaan kepada para siswa dari berbagai sekolah di Banjar yang berhasil menjadi juara pembuatan video Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

“Alhamdulillah acara di hari kemerdekaan ini berjalan lancar dan tentunya tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk dari mahasiswa UIN Bandung di sela-sela kegiatan KKN juga membantu kami,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Banjar, H. Obang Subarman, memberikan tropi “Anugerah Literasi 2017” ke YRBK.

“Ini merupakan simbol dukungan kami untuk saling sinergi dan berkolaborasi untuk mendorong masyarakat agar gemar membaca, mencintai buku dan ilmu pengetahuan sebagai modal utama untuk meraih kemajuan,” katanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!