Ramaikan HUT RI ke-72, Warga di Banjar Ini Gelar Lomba Mancing di Jalan

17/08/2017 0 Comments
Ramaikan HUT RI ke-72, Warga di Banjar Ini Gelar Lomba Mancing di Jalan

Lomba mancing di jalan dalam memeriahkan HUT RI ke-72 di Lingkungan Jadimulya Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tampaknya akan terasa kurang bila tak ada kegiatan ataupun perlombaan unik yang digelar masyarakat yang disebut lomba agustusan atau lomba 17-an.

Entah sejak kapan lomba-lomba itu muncul, namun yang pasti sudah sejak dulu yang tentunya setelah Indonesia merdeka.

Di Kota Banjar, ratusan warga Lingkungan Jadimulya RT 02 RW 05 Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman yang berlokasi di sekitaran Pasar Banjar menggelar lomba unik dalam meramaikan agustusan, salah satunya memancing di jalan.

Meski terlihat seolah konyol, namun perlombaan memancing di jalan yang digunakan bongkar muat barang para pedagang pasar hanya sebatas hiburan semata dalam memeriahkan HUT RI ke-72.

Puluhan peserta yang berjajar duduk menggunakan kursi plastik dan memegang pancing masing-masing, mereka melemparkan senar pancing yang ujungnya berupa batu ukuran kelereng yang dibungkus sebuah plastik ke sasarannya. Peserta harus mampu memasukan mata pancing batu tersebut ke gelas plastik yang berisi pasir serta kertas yang di dalamnya bertuliskan berbagai hadiah bagi yang berhasil.

Menurut Ketua RW 05, Alip Suyanto (58), kegiatan tersebut adalah salah satu cara warga setempat meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72. Meski mancing tersebut baru pertama kalinya digelar, namun lomba-lomba unik-unik lainnya juga selalu diselenggarakan tiap tahunnya.

“Ini hari keempat kita menggelar lomba-lomba dan besok juga masih ada. Untuk mancing, kita tidak ada niatan menyindir atau mengkritik, tapi ini murni hiburan untuk warga. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan para pedagang pasar dan warga yang memberikan sumbangan untuk acara,” jelasnya kepada HR Online, Kamis (17/08/2017).

Sementara untuk pesertanya, kata ia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Uniknya, dalam memancing tersebut tidak membatasi warga sekitar saja, namun siapa saja diperbolehkan mengikuti lomba demi mendapatkan hadiah berupa kaos, jam dinding, uang, burung, sangkar burung serta hadiah menarik lainnya.

“Ya hadiah ini juga berkat pemberian dari para pedagang di pasar maupun warga. Kalau yang akan kasih ke kita itu punya dagangan bakso, hadiahnya bagi yang berhasil mendapatkan kupon makan bakso. Jadi, intinya ini bentuk kebersamaan kita, khususnya di Hari Kemerdekaan ini,” pungkas Alip. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!