Sering Gagal Panen, Petani di Lakbok Ciamis Keluhkan Pemerintah Terkesan Menutup Mata

Sering Gagal Panen, Petani di Lakbok Ciamis Keluhkan Pemerintah Terkesan Menutup Mata

Kasbani saat menanam palawija sebagai pengganti dari penanaman padi yang selalu gagal karena dilanda kekeringan. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ratusan petani di Desa Sukanagara Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis kecewa terhadap Pemkab Ciamis lantaran menganggap tak pernah merespon keluhan petani yang kerap mengalami gagal panen karena sawahnya mengalami kekeringan.

Kasbani (53), petani setempat, mengatakan, dirinya mengaku kecewa lantaran perhatian pemerintah kurang. Terlebih pemerintah terkesan menutup mata dan tidak pernah turun ke lapangan untuk melihat secara langsung penderitaan para petani di Sukanagara.

“Jelas kami sangat kecewa selama tiga tahun terakhir gagal panen. Sebabnya, setiap musim hujan sawah kami selalu dilanda banjir dan saat kemarau selalu kering. Masa iya pemerintah diam saja atau sengaja tutup mata,” ketusnya kepada HR Online beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, sawah yang mengalami banjir saat musim hujan dan kering saat kemarau luasnya bukan mencapai ratusan hektar, namun ribuan hektar.

“Wilayah yang terkena kondisi tersebut itu di Sukanagara Kecamatan Lakbok dan Desa Sukamulya Kecamatan Purwadadi. Sekali lagi, pemerintah jangan menutup mata dan kami mendesak untuk turun langsung serta mencari solusinya,” tegas Kasbani.

Saluran pembuangan di sekitar sawah yang terjadi pendangkalan. Foto: Suherman/HR

Dari pantauan HR Online, kondisi saluran pembuangan di sekitar sawah terjadi pendangkalan yang membuat tidak adanya pasokan air saat kemarau dan banjir saat terjadi hujan. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles