Tidak Percaya Kafein Bermanfaat Bagi Tubuh? Ini Buktinya

16/08/2017 0 Comments
Tidak Percaya Kafein Bermanfaat Bagi Tubuh? Ini Buktinya

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Banyak yang berpendapat bahwa minuman berkafein memiliki efek samping bagi tubuh. Kafein adalah zat stimulant yang berfungsi untuk merangsang sistem syaraf pusat.

Kafein yang bisa ditemukan pada tumbuhan seperti kopi, teh maupun kakao ini merupakan senyawa alkaloid xantina dengan bentuk kristal yang mempunyai rasa pahit. Sehingga banyak orang yang berpendapat bahwa dengan meminum kafein akan meningkatkan energi serta bisa menghilangkan rasa kantuk.

Namun jika meminumnya dengan kadar kafein yang disarankan atau dosisnya tepat, kafein akan sangat berguna untuk tubuh. Nah, berikut ini manfaat kafein bagi tubuh.

# Mencegah Terkena Parkinson

Dikutip dari hellosehat, parkinson adalah penyakit pada sistem saraf yang menyebabkan kekakuan dan keterbasan alat gerak. Sama seperti halnya diabetes, parkinson ini tidak bisa disembuhkan. Namun kita bisa mengurangi resiko terkena parkinson sampai 50%, yaitu dengan mengkonsumsi 5 cangkir kopi sehari. Bukan hanya itu, kafein ternyata mempunyai efek memperbaiki pada fungsi koordinasi penderita penyakit tersebut.

# Meningkatkan ingatan

Penelitan yang dilakukan di John Hopkins University, mengungkapkan bahwa kafein yang ada dalam kopi dapat meningkatkan memori otak atau ingatan dalam kurun waktu 24 jam sesudah meminumnya.

# Menurunkan risiko diabetes

Manfaat lain dari kafein yaitu bisa menurunkan resiko terkena diabetes.

# Memulihkan Stamina

Ditulis dalam Journal of Applied Physiology, bahwa kafein ditambah dengan makanan berkarbohidrat bisa mengembalikan stamina tubuh setelah beraktifitas. Campuran antara kafein dengan karbohidrat ini efektif untuk memulihkan kembali glikogen otot yang hilang setelah beraktifitas atau olahraga. Dengan pulihnya glikogen otot yang hilang ini bisa mempercepat proses regenerasi otot. Selain itu, kafein juga dapat mengobati nyeri otot sehabis olahraga.

# Mengurangi Depresi

Kandungan senyawa alkaloid xantina yang ada dalam kafein ternyata bisa merangsang keluarnya zat dopamine yaitu neurotransmitter. Sistem saraf serta otak membutuhkan neurotransmiter untuk menyampaikan pesan ke semua bagian tubuh, untuk mengatur berbagai fungsi tubuh. Neurotransmitter juga fungsinya untuk memberikan kesenangan pada otak. Sehingga, kafein ini sangat membantu mengurangi depresi. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!