Warga Banjarsari Ciamis Harapkan Normalisasi Saluran Sungai Ciputrahaji

17/08/2017 0 Comments
Warga Banjarsari Ciamis Harapkan Normalisasi Saluran Sungai Ciputrahaji

Dede, salah seorang warga, menunjukkan saluran anak Sungai Ciputrahaji di wilayah Cikohkol, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis yang mengalami pendangkalan. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Cikohkol, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, belum lama ini mengeluhkan bau tak sedap yang bersumber dari saluran anak Sungai Ciputerahaji yang melintasi wilayah tersebut.

Pantauan HR Online di lapangan, saluran anak Sungai Ciputerahaji saat ini kondisinya kurang normal dan banyak saluran yang mampet sehingga pembuangan air tidak berfungsi. Ditambah pula banyaknya saluran pembuangan limbah rumah tangga yang membuat air sungai berubah warna serta menimbulkan bau tak sedap.

Seperti dikatakan Dede, salah seorang warga setempat, bahwa saluran anak Sungai Ciputerahaji kini sudah mengalami pendangkalan. Akibatnya aliran air tersendat dan lebih banyak menggenang. Bahkan, saat musim hujan air dari saluran tersebut sering meluap dan masuk ke pemukiman warga.

“Kami berharap pemerintah setempat bisa merespon apa yang kami keluhkan saat ini. Sekarang  kami butuh adanya upaya pengerukan saluran, di mana kondisi ini menjadi salah satu penyebab yang berdampak terhadap ketidaknyamanan warga. Jika musim hujan air selalu meluap dan masuk ke pemukiman. Sedangkan, disaat musim kemarau seperti saat ini air sungai ini bau,” tutur Dede, Senin (14/08/2017).

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua Barisan Muda Banjarsari Kawasen Bersatu (BMBKB), Jenal. Menurutnya, kondisi saluran anak Sungai Ciputerahaji yang melintasi Dusun Cikohkol dan Dusun Sukamulya, Desa Sukasari, kini sudah saatnya dilakukan normalisasi.

“Kami juga berharap kepada dinas terkait untuk segera merespon keluhan warga di sini. Pantauan kami, di sepanjang saluran tersebut banyak terjadi penyumbatan dan sudah semestinya mendapatkan penanganan yang serius. Jika tetap dibiarkan, kami yakin setiap musim penghujan tiba wilayah ini tidak akan lepas dari ancaman banjir,” tandas Jenal. (Suherman/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!