6 Makanan Ini Jangan Dikonsumsi Secara Bersamaan

08/09/2017 1 Comment
6 Makanan Ini Jangan Dikonsumsi Secara Bersamaan

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Buat kamu yang suka mencampurkan beberapa makanan di setiap sajian, sepertinya mulai saat ini harus mengurangi kebiasaan tersebut. Pasalnya, mengonsumsi beberapa jenis makanan secara bersamaan ternyata bisa mengakibatkan tidak terserapnya nutrisi dengan baik.

Dikutip dari laman Klikdokter.com, Senin (04/09/2017), berikut ini adalah makanan-makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan;

Pisang dengan susu

Buah pisang ternyata tidak baik bila dikonsumsi bersamaan dengan susu, terlebih susu yang mengandung tinggi protein atau pH 7 karena keduanya sulit dicerna secara bersamaan.

Hamburger dengan bir

Setelah dicerna, daging dan alkohol akan melewati proses di hati. Sedangkan, tubuh memprioritaskan untuk mengeliminasi alkohol terlebih dulu lantaran dianggap sebagai toksin. Hal itu dapat membuat lemak lebih lama dicerna tubuh, juga menimbulkan rasa kembung atau begah.

Kacang-kacangan dengan keju

Kombinasi ini bisa menyebabkan meningkatnya produksi gas di dalam saluran pencernaan. Jika dikonsumsi bersamaan dapat berujung pada beberapa keluhan, seperti kembung dan sebagainya.

Daging dengan cuka

Daging adalah makanan yang bersifat panas, sementara cuka bersifat hangat. Bila keduanya dikonsumsi secara bersamaan maka akan melonjakan energi serta sirkulasi darah di dalam tubuh. Sedangkan, dampak terburuknya meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

Teh dengan susu

Teh merupakan minuman yang kaya antioksidan. Tapi, jika dicampurkan ke dalam susu akan membuat protein pada susu mengikat zat antioksidan yang terkandung dalam teh. Teh juga mengandung asam tanat, yakni zat yang mengikat zat besi dan protein yang akan menghambat penyerapan nutrisi dari makanan.

Susu kedelai dengan telur

Kedua jenis makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Hal itu karena telur merupakan makanan yang tinggi protein, sementara susu kedelai mempunyai sifat mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan tubuh untuk membantu mencerna protein. Bila dikonsumsi bersamaan bisa membuat tubuh kekurangan protein.

Pada dasarnya setiap makanan memiliki manfaat masing-masing. Untuk itu, agar asupan yang diterima tubuh bisa optimal maka hindari mencampurkan beberapa makanan yang dijelaskan tersebut. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

    Leave a Reply