Akademisi Unigal Ciamis; Hati-Hati! Perusakan Baligho Bacabup Picu Konflik

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akademisi Universitas Galuh (Unigal) khawatir perusakan alat peraga sosialisasi berisi gambar Bakal Calon Bupati (Bacabup) Ciamis di beberapa pelosok daerah dapat menimbulkan atau memicu terjadinya konflik di masyarakat.

“Kalau ini dibiarkan (perusakan alat peraga baligho) bisa menjadi pemantik terjadinya konflik antar pendukung Bacabup yang fanatik. Potensi konflik ini perlu segera diantisipasi,” kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unigal, Endin Lidinillah, ketika ditemui Koran HR, beberapa waktu lalu.

Endin menuturkan, diperlukan pendidikan politik yang inten dari penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan juga Kepolisian, kepada pendukung dan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya pertikaian.

Di tempat terpisah, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Ciamis, Dedi Iwa Saputra, ketika ditemui Koran HR, mengakui adanya potensi konflik antar pendukung fanatik akibat perusakan alat peraga sosialisasi berisi gambar Bacabup Ciamis.

Untuk meredakan suhu atau suasana politik menjelang Pilkada tersebut, Dedi Iwa mengungkapkan, pihaknya sudah mengumpulkan perwakilan tim relawan pendukung setiap Bacabup Ciamis.

“Pertemuan itu membahas soal kesepakatan penertiban alat peraga sosialisasi Bacabup yang dipasang di lokasi terlarang,” kata Dedi Iwa.

Dalam kesempatan itu, Dedi Iwa menambahkan, pihaknya juga membahas soal Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2012 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3). Pasalnya, banyak alat peraga sosialisasi Bacabup yang melanggar ketentuan dalam peraturan tersebut. (Deni/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar