Akhirnya SMA & SMK di Pangandaran Gratis

04/09/2017
Akhirnya SMA & SMK di Pangandaran Gratis

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabupaten Pangandaran akhirnya merasa lega setelah program pendidikan gratis untuk siswa SMA/SMK, baik negeri maupun swasta bisa dicairkan.

Program pendidikan gratis merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan minat masyarakat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran, Agus Nurdin, mengatakan, awalnya program tersebut terkendala proses pencairan yang harus ditempuh melalui transfer ke rekening kas daerah provinsi, yang kemudian dicairkan ke masing-masing sekolah yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Namun, berkat kegigihan Dinas Keuangan dan Disdikpora Kabupaten Pangandaran, serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akhirnya Kabupaten Pangandaran dijadikan percontohan bagi kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat. 

“Program Pangandaran Hebat yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA maupun SMK di Pangandaran akhirnya berhasil setelah menempuh proses yang panjang. Untuk tahap pertama pencairannya sebesar Rp. 3,933 miliar, yakni pada awal bulan Agustus lalu,” terangnya. 

Agus Nurdin juga mengatakan, bahwa pencairan tahap pertama sudah selesai dan telah ditandatangani oleh Gubernur Jabar terkait pernyataan penggunaan dananya. Proses yang dilakukan sejak pengajuan bulan Februari 2017 hingga pencairan bulan Agustus 2017, merupakan perjalanan panjang.

“Pencairan bantuan ke siswa-siswi SMA maupun SMK ini yang pertama bisa baru Pangandaran. Nanti akan disusul oleh Kota Banjar dan Kabupaten Bekasi. Kita patut bersyukur atas hal ini,” ucapnya.

Sejak pengelolaan SMA/SMK dilakukan oleh provinsi, pihaknya kesulitan untuk memberikan bantuan ke siswa. Sebab, harus mentransfer ke provinsi terlebih dahulu, baru setelahnya bisa disalurkan ke masing-masing sekolah. Namun, saat ini sudah tidak lagi seperti itu dan Pangandaran menjadi acuan daerah lain dalam rangka menunjang pembangunan di bidang pendidikan.

Dengan keberhasilan tersebut, pihaknya berharap hal itu akan mampu meningkatkan pendidikan di Pangandaran, serta bisa menaikkan APK dan IPM, sesuai yang diharapkan Bupati Pangandaran.

“Program Pangandaran Hebat, sudah berjalan sesuai apa yang diharapkan. Sekarang kita sedang mengusulkan pencairan tahap kedua sebesar Rp.4,2 miliar dengan nama programnya Bankeu (Bantuan Keuangan). Mudah-mudahan orang tua siswa di Pangandaran terbantu, sehingga angka melanjutkan sekolah di Pangandaran meningkat,” pungkas Agus Nurdin. (Mad/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles