Ambalan Penegak SMKN 2 Banjar Gelar Lomba Lacatagalang dan Miniatur Pioneering Perkemahan se-Priangan Timur

Para peserta saat mengikuti perlombaan Lacatagalang dan Miniatur Pioneering Perkemahan. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ambalan Penegak Ibnu Sina (Putra) dan Rabiah Al Adawwiyah (Putri) SMK Negeri 2 Banjar pagi tadi menggelar Lomba Cerdas Tangkas Pramuka Penggalang (Lacatagalang) dan Miniatur Pioneering Perkemahan, Minggu (3/9/2017). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan di sekolah tersebut. 

Kegiatan yang digelar di SMK N 2 Banjar ini, diikuti oleh beberapa anggota Dewan Penggalang gerakan Pramuka se Priangan Timur dari 213 peserta yang dibagi menjadi 71 regu. 

Ketua pelaksana, Sandi Saputra mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi minat adik-adik penggalang pangkalan Gugus Depan (Gudep) SMP/MTs. 

“Dalam kegiatan tahunan ini, kami sangat mengapresiasi adik-adik penggalang. Kami minta jaga sportifitas dalam lomba. Juara bukan tujuan utama, tetapi yang lebih penting adalah proses dari semua kegiatan adalah pembentukan karakter adik-adik untuk menjadi anak yang berguna,” ujarnya kepada HR Online. 

Ia pun menambahkan, bahwa perlombaan ini merupakan sarana untuk evaluasi terhadap latihan rutin di pangkalan Gudep masing-masing. 

“Selain kompetisi, kegiatan ini pun bertujuan untuk menggali potensi serta kemampuan dalam menciptakan generasi yang kuat, terampil, peka lingkungan, dan mandiri.” imbuhnya. 

Materi yang dilombakan dalam kegiatan ini yakni Lomba Miniatur Pioneering Perkemahan putra dan putri dan Lacatagalang. 

“Untuk lomba Lacatagalang, setiap regu tiga orang, dan wajib menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan juri. Sedangkan untuk Lomba Miniatur Pioneering Perkemahan, satu regu tiga orang dan diwajibkan membuat miniatur perkemahan dengan durasi 2 jam,” jelasnya. (Hermanto/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar