Antisipasi Masalah Kebersihan, Spanduk Larangan Buang Sampah Dipasang di Maleber Ciamis

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis memasang spanduk larangan membuang sampah di wilayah Kelurahan Maleber. Foto : Eli Suherli/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis memasang spanduk larangan membuang sampah di wilayah Kelurahan Maleber. Pemasangan spanduk tersebut sebagai bentuk antisipasi masalah kebersihan di wilayah tersebut.  

Kasi Kebersihan DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Ajat, ketika ditemui Koran HR, Senin (25/09/2017) lalu, mengatakan, pemasangan spanduk larangan membuang sampah tersebut sengaja dilakukan dikarenakan lokasi tempat sampah yang dulu disimpan berdekatan dengan sungai.

“Kami sengaja memasang spanduk larangan, hal itu agar masyarakat yang sering membuang sampah disitu bisa pindah ke lokasi lain. Supaya sampah tidak mencemari sungai. Sebab setelah diperhatikan, yang membuang sampah bukan dari wilayah Meleber saja,” ungkapnya.

Ajat melanjutkan, sebelum membuat spanduk larangan, terlebih dahulu pihaknya mendatangi warga dan juga pegawai kelurahan Maleber. Hal itu untuk memberitahukan dan juga menyosialisasikan membuang sampah yang benar.

Lebih lanjut, Ajat menuturkan, setelah melakukan pertemuan, warga menyetujuinya. Pihaknya kemudian langsung memasang spanduk larangan membuang sampah. Warga juga diimbau membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

“Semua warga setuju TPS dipindah. Dan kini tempatnya di terminal lama Maleber. Kami sudah menyiapkan kontainer, sehingga warga bisa dengan mudah membuang sampah dengan baik tanpa kesulitan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata Ajat, untuk pelayanan sampah kepada warga yang selalu membayar retribusi sampah jelas menjadi prioritas. Pihaknya juga sudah menyediakan kendaraan untuk mengangakut sampah dor to dor.

Pemasangan spanduk larangan membuang sampah dilakukan di dua tempat, yaitu di wilayah Maleber dan dipertigaan jalan Yos Sudarso (Yodas). Dan untuk di Yodas, sudah disiapkan juga TPS di dekat MAN 2 Ciamis.

“Apabila sudah ada larangan, kemudian warga masih membuang sampah disitu, maka warga tersebut sudah sakit jiwa, karena tidak mengindahkan larangan yang kami buat,” katanya.

Sementara itu, Elvira, warga Maleber, menyambut baik langkah yang diambil DPRKPLH Kabupaten Ciamis. Artinya sampah yang biasanya menumpuk depan rumahnya itu kini bisa diminimalisir. (Es/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar