Bantaran Ciseel Terus Terkikis, Pemdes Purwadadi Ciamis Harap Bronjong Tebing Direalisasikan

Bantaran Sungai Ciseel di beberapa titik di wilayah Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, yang mengalami pengikisan. Kondisi ini terus meningkat dan mengancam keselamatan warga di sekitarnya. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Di tengah pesatnya pembangunan fisik yang sedang dilaksankan Pemerintah Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, ada hal yang membuat pemerintah desa cemas, sebab wilayahnya kini rawan terkena bencana.

Seperti halnya yang terjadi saat ini, kondisi bantaran Sungai Ciseel yang membentang di sepanjang wilayah Desa Purwadadi terus mengalami pengikisan. Hingga kini sudah ada tiga titik rawan longsor yang lokasinya berada di Dusun Ciawitali.

“Ada tiga titik rawan longsor yang terjadi di  Dusun Ciawitali, tepatnya di Komplek Sukaerah. Longsoran tersebut kurang lebih sepanjang 300 meter. Hal inilah yang saat ini menghantui masyarakat kami. Bahkan kami selaku pemerintah paling bawah merasakan kecemasan itu,” tutur Kepala Desa Purwadadi, Elon Sutendi, kepada Koran HR, Selasa (05/09/2017) lalu.

Namun, lanjut Elon, pihaknya tidak bisa berbuat banyak selain terus berupaya untuk mendapatkan bantuan penahanan tebing Ciseel, baik ke pihak PSDA maupun BBWS. Bahkan, pemerintah desa sudah beberapa kali melayangkan proposal terkait permohonan bronjong tebing Sungai Ciseel ke instansi terkait.

“Tapi sungguh sangat disayangkan, permohonan kami itu seakan dimain bolakan, di lempar sana lempar sini tanpa tahu harus kemana permohonan ini kami ajukan. Pihak PSDA maupun BBWS terkesan saling lempar tanggung jawab,” ungkapnya.

Padahal, pemerintah desa sangat berharap pembuatan bronjong tebing Sungai Ciseel bisa segera terwujud. Karena, jika permasalahan tersebut dibiarkan berlarut-larut, tidak menutup kemungkinan longsoran akan terus berlanjut hingga berdampak terhadap keselamatan warganya.

“Mudah-mudahan Bapak Bupati Ciamis bisa segera merespon harapan kami di sini, dan tidak lagi saling melempar kemana dan siapa yang seharusnya berwenang dalam penanganan kasus ini,” harap Elon. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar