Baru Dibangun, Pondasi Jembatan Cipatuh Pamarican Ciamis Retak

Salah seorang warga tengah menunjukkan pondasi Jembatan Cipatuh di Dusun Girimulya, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, yang retak. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jembatan Cipatuh di Dusun Girimulya, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang baru dibangun dari anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama, mengalami kerusakan akibat diguyur hyjan selama tiga hari berturut-turut.

Menurut keterangan dari warga sekitar, jembatan sepanjang 11 meter tersebut mengalami kerusakan di bagian pondasi, sehingga menimbulkan rasa was-was para pengguna.

“Rusaknya jembatan ini diduga akibat tidak kuat menahan derasnya air saat hujan terus-terusan mengguyur. Air sungai jadi meluap dan membawa berbagai sampah yang nyangkut di jembatan,” terang Asep, salah seorang warga setempat, kepada HR Online, Jum’at (29/09/2017).

Hal tersebut dibenarkan Sekretaris Desa Neglasari, Apan Ruspandi, bahwa pondasi jembatan yang baru dibangun itu mengalami retak. Kerusakan jembatan terjadi pada Kamis (28/09/2017) malam, saat hujan kembali mengguyur wilayah Pamarican dan sekitarnya.

“Kerusakan ini diakibatkan oleh air bah dari sungai, bukan akibat buruknya kontruksi yang digunakan. Namun, kami juga saat ini tengah memikirkan untuk memperbaikinya. Insya Allah tidak akan terjadi apa-apa karena kondsinya baru retak di bagian pondasi, dan itu pun belum terlalu parah,” jelas Apan. (Suherman/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar