Berkhasiat, Terapi Bekam Terkenal Sampai Artis Hollywood dan Atlet Dunia

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Ada berbagai cara tradisional untuk menghilangkan racun dan penyakit dalam tubuh, salah satunya dengan terapi bekam. Terapi tertua yang pernah ada ini pertama kali dikembangkan di Mesir, China dan Timur Tengah.

Bahkan, dari gambar yang ada di dalam buku kedokteran tertua di dunia, Ebers Papyrus, terapi yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit ini sudah ada sejak zaman Mesir kuno, yaitu tahun 1550 sebelum Masehi.

Terapi ini bukan hanya dilakukan oleh masyarakat biasa, namun sampai artis Hollywood juga pernah mencobanya, seperti Gwyneth Paltrow, Victoria Beckham, Jennifer Aniston dan Justin Bieber. Atlet dunia juga pernah mencobanya, seperti petenis Andy Murray, peraih medali emas cabang renang di Olimpiade di Rio de Janeiro, Brazil, Michael Phelps asal Amerika Serikat.

Mengapa terapi bekam sangat diminati oleh artis Hollywood dan atlet dunia? Menurut ahli akupuntur di Farnham Surrey Inggris, Ian Stones, dikutip dari Daily Mail beberapa waktu lalu, bahwa terapi bekam adalah salah satu bentuk dari akupuntur yang memang dipercaya dapat meningkatkan energi tubuh serta memperlancar aliran darah.

Dikatakannya, terapi bekam juga sangat baik untuk penyembuhan atau kesehatan. “Seperti, jika Anda dalam kondisi terkena flu, maka dengan terapi bekam sistem kekebalan tubuh akan terjaga dan meningkat saat akan adanya penetrasi flu,” katanya.

Sebagai bahan atau medianya, terapi bekam biasanya menggunakan media gelas khusus dan mangkuk kecil yang terbuat dari kaca, bambu dan tembikar. Media tersebut dipanaskan terlebih dulu kemudian disimpan di atas kulit, sehingga kulit akan terisap.

Sedangkan untuk di Indonesia, saat ini juga ada yang menggunakan tanduk kerbau sebagai media terapi bekam. Namun untuk teknik hampir sama dengan bekam menggunakan gelas. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA