Cara Dapatkan Channel TV di Satelit Telkom 3s pada Parabola FTA

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Beberapa waktu lalu siaran televisi nasional bagi khususnya di parabola yang berada di satelit Telkom 1 hilang siaran. Channel-channel yang hilang tersebut diantaranya Trans grup (Trans TV dan Trans 7), ANTV, NET TV dan stasiun televisi lainnya.

Hilangnya sejumlah channel televisi nasional ini lantaran adanya gangguan pada satelit Telkom 1, yang diketahui mulai Jumat sore (25/8/2017). Sehingga, berbondong-bondong channel yang ada di Telkom 1 migrasi ke satelit Palapa D.

Namun, untuk sekarang ini stasiun televisi tersebut pindah lagi ke satelit Telkom 3s. Bagi pengguna parabola yang tidak berbayar alias FTA (free to air) tentu akan kesulitan mendapatkan sinyal di Telkom 3s. Pasalnya, antara satelit Telkom 1 dengan Telkom 3s ada perbedaan di orbitnya. Untuk Telkom 1 berada di 108.0°E, sedangkan Telkom 3s di 118.0°E dan Satelit Palapa D di 113.0°E.

Nah, bagaimana cara mendapatkan siaran televisi Trans TV dan yang lainnya. ada beberapa cara yang bisa dilakukan, bahkan sebelumnya cara tersebut sudah dipraktekkan HR Online, dan hasilnya 100 % sukses.

Untuk cara yang pertama dengan merubah settingan di receiver parabola. Parabola yang memakai dua LNB cukup merubah switch 22KHz di receiver, untuk Palapa yang tadinya ON rubah ke OFF, sedangkan Telkom yang OFF rubah ke ON.

Jangan kaget jika setelah dirubah siaran televisi yang ada di Palapa D akan hilang semua. Langkah selanjutnya, masukkan frekuensi Trans TV yaitu 3587 H 6000 di receiver. Lalu geser pelan-pelan arah parabola ke arah timur sampai channel Trans TV kualitasnya sinyalnya kuat. Jika sudah mendapatkan sinyal yang kuat kemudian scan otomatis pada satelit Telkom.  

Sementara cara kedua dengan merubah tiang yang ada LNB-nya sampai 180 derajat. Kemudian masukkan frekuensi Trans TV yaitu 3587 H 6000. Jika sudah sama seperti cara di atas, geser parabola pelan-pelan sampai frekuensi Trans TV sinyalnya sangat kuat. Kemudian scan otomatis pada satelit Telkom dan juga di Palapa D. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA