Cara Mengetahui Modus Penipuan Iming-Iming Hadiah Via SMS

Modus penipuan iming-iming hadiah yang mengatasnamakan salah satu operator seluler. Photo : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Banyak sekali saat ini beredar penipuan yang dikirim lewat Short Message Service (SMS). Umumnya penipuan berkedok SMS ini menawarkan hadiah yang sangat menggiurkan, dengan mengirim pesan singkat ke semua operator seluler.

Alasan mereka (si penipu) menawarkan hadiah seperti mobil, uang tunai sampai jutaan rupiah dan hadiah menggiurkan lainnya, agar target korban bisa terbuai ‘rayuan’ penipu.

Tak sedikit yang menjadi korban penipuan ini, biasanya orang awam tertipu karena iming-iming tawaran hadiah dengan alasan korban mendapatkan undian suatu produk tertentu. Namun, ujung-ujungnya korban harus mengirimkan uang ke rekening yang dituju, jika ingin mendapatkan hadiah tersebut.

Untuk mengetahui apakah SMS tersebut penipuan atau bukan, Anda harus cermat membaca isi pesan dari SMS yang dikirim si penipu. Sebagai contoh isi SMS tersebut, “Pemenang isi ulang Tri 2017,pemenang hadiah Tri 2017,pesta isi ulang Tri 2017,gebyar Tri 2017,berkat isi ulang Tri,pemenang Tri tahun 2017,pemenang undian Tri 2017,promo Tri 2017,pemenang pt Tri Care 2017 bisa kunjungi situs resmi Tri Care di. U/info klik : www.pemenanghadiahtri.wordpress.com.

Untuk membuktikan apakah isi SMS di atas penipuan atau bukan, harus mengecek situs resmi dari provider Tri. Setelah ditelusuri di google, ternyata situs resmi adalah www.tri.co.id. Padahal yang tertera di SMS adalah www.pemenanghadiahtri.wordpress.com. Jadi bisa terlihat kalau isi SMS tersebut merupakan penipuan.

Umumnya penipu mengirimkan link yang gratisan, seperti jimdo, blogspot, wordpress atau lainnya. sangat jarang mengirim link domain yang berbayar untuk melancarkan aksinya.

Yang kedua dilihat dari nomor yang digunakan si penipu. Walaupun mencatut nama salah satu operator seluler, namun biasanya mereka tetap menggunakan nomor umum dipakai oleh kebanyakan konsumen seluler.

Padahal, biasanya operator seluler dalam menyebarkan informasi via SMS pasti memakai nomor yang resmi atau khusus. Bukan hanya itu, isi dari SMS yang dikirim oleh si penipu dari segi tata bahasanya berantakan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar