Cara Sederhana Atasi Nyeri Pergelangan Tangan Sehabis Mengetik Seharian

Cara Sederhana Atasi Nyeri Pergelangan Tangan Sehabis Mengetik Seharian

Ilustrasi. Photo : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Salah satu resiko bagi yang bekerja mengetik di depan komputer atau laptop setiap harinya, yaitu kemungkinan besar terkena nyeri pada otot pergelangan tangan. Hal tersebut karena seringnya memegang mouse atau memencet keyboard.

Jika memang benar mengalami hal tersebut jangan sampai dianggap sepele. Pasalnya, dampak jangka panjang akan mengakibatkan sindrom carpal tunnel, sehingga nantinya tangan tidak dapat digerakkan seperti biasanya.

Sindrom carpal tunnel disebabkan karena adanya tekanan pada saraf akibatnya menimbulkan gejala mati rasa, nyeri serta kesemutan atau parestesia. Namun untuk mencegah agar tidak terjadi sindrom carpal tunnel, ada beberapa kiat-kiat khusus dengan cara sederhana tanpa harus pergi ke dokter saraf, seperti dikutip dari liputan6.com.

# Mengepalkan tangan

Cara sederhana pertama dengan membuka telapak tangan secara lurus, kemudia jari dilipat dan genggam dengan erat, lakukan hal tersebut sampai beberapa menit setiap harinya. Cara mengepalkan tangan ini bisa mengurangi tegangan pada otot pergelangan tangan serta telapak tangan.

# Melipat jari

Latihan lainnya yaitu dengan membuka serta melipat jari sampai pangkal jari. Latihan ini berguna untuk meregangkan otot di area jari.

# Membuka telapak tangan lurus

Pergelangan tangan yang dipakai dalam waktu yang lama akan mengakibatkan otot tendon menjadi tegang. Untuk merileksasi otot tendon ini bisa dengan membuka telapak tangan secara lurus kalau bisa ditambah dengan memijat secara pelan-pelan.

# Lipat jari sampai pangkal telapak tangan

Lakukan gerakan melipat jari sampai pangkal telapak tangan dan tahan selama 2-3 detik, kemudian buka kembali telapang tangan tersebut. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles