DLH Kota Banjar Bersama Warga Bersihkan Sampah di Sungai Ciroas

Warga lingkungan Cikabuyutan Timur, RT 04/12, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, sedang membersihkan sampah yang menumpuk di sungai Ciroas, Jum’at (29/9/2017). Foto : Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Warga lingkungan Cikabuyutan Timur, RT 04/12, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, bersama petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membersihkan sampah yang menumpuk di sungai Ciroas, Jum’at (29/9/2017) pagi. Diduga, tumpukan sampah ini akibat kurang sadarnya masyarakat yang membuang sampah ke sungai tersebut.

Apip Supiana (52) tokoh masyarakat setempat mengatakan, bahwa sampah yang menumpuk di sungai Ciroas ini adalah akibat kiriman dari wilayah Lingkung Tanjungsukur, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Sehingga pada musim penghujan ini, air sungai jadi meluap, kotor, dan berbau.

“Memasuki musim penghujan ini sampah di sungai Ciroas jadi menumpuk, sampah ini kiriman dari hulu sungai, sehingga menumpuk dan menghambat laju air,” ujarnya.

[ Berita Terkait : Hujan Turun, Sungai Ciroas Banjar Kembali Dipenuhi Sampah ]

Pembersihan dilakukan warga dan petugas DLH dengan cara manual, hingga akhirnya saat ini aliran sungai sudah lancar kembali.

“Dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi, lancarnya aliran sungai diharapkan bisa menghindarkan dari terjadinya banjir,” imbuh Apip.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Banjar, H Yoyo Suharyono mengatakan, untuk menjaga kualitas air sungai dan kebersihan di daerah aliran sungai, dirinya berharap kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

“Saya berharap kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai, hal ini supaya kualitas air sungai menjadi bersih dan bebas dari penyakit,” katanya. (Hermanto/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar