Efek Baik dan Buruk Menghapus Cache di Smartphone

22/09/2017 Berita Terbaru , Teknologi
Efek Baik dan Buruk Menghapus Cache di Smartphone

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Sebagian besar aplikasi yang ada di smartphone memiliki cache. Fungsi cache ini bisa mempercepat loading situs atau aplikasi.

Namun adakalanya cache  juga memperlambat smartphone karena kapasitas memori internal berkurang. Artinya, semakin besar ukuran aplikasi, maka semakin besar juga memoi internal yang berkurang.

Sehingga, saat smartphone menjadi lambat biasanya sebagian pengguna ponsel pintar akan melihat kapasita memori apakah masih banyak atau sudah menipis. Jika sedikit lagi, maka cache tersebut akan dihapus.

Yang jadi pertanyaan, apakah menghapus cache akan bermasalah atau tidak. Jika Anda masih bimbang, bisa Anda simak ulasan berikut ini sebagai bahan pertimbangan.

Menghapus cache di smartphone untuk sisi baiknya yaitu penyimpanan internal smartphone akan besar dan kinerjanya pun akan ringan. Bukan hanya itu saja, biasanya aplikasi yang tadinya error akan kembali berfungsi dengan baik.

Jadi Anda jangan khawatir atau takut jika ingin menghapus cache, karena itu hanyalah sampah dari file atau aplikasi. Data Anda pun akan terjaga dengan aman.

Sementara untuk sisi buruknya, aplikasi yang akan dibuka loading-nya menjadi lebih lama daripada sebelum cache dihapus. Sehingga tentu juga akan menguras daya baterai, pasalnya sistem harus dari awal lagi.

Namun, Anda jangan khawatir karena itu hanya bersifat sementara. Yang penting Anda harus sabar saat membuka aplikasi setelah cache dihapus. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles