Hajat Laut di Pangandaran Akan Digelar Lebih Meriah

09/09/2017
Hajat Laut di Pangandaran Akan Digelar Lebih Meriah

Hajat laut nelayan Pangandaran. Foto: Dokumen HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap Jum’at di bulan muharam ratusan nelayan Pangandaran menggelar tradisi hajat laut. Bahkan, di tahun ini rencananya acara tahunan tersebut akan digelar lebih meriah.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Aceng Hasim, menuturkan, hajat laut merupakan prosesi budaya sebagai bentuk rasa syukur para nelayan atas hasil laut yang dinikmati nelayan dalam setahun.

“Untuk tahun ini Insya Alloh akan dilaksanakan pada 21-23 September 2017 yang kebetulan bertepatan 1 Muharam 1439 H,” kata Aceng kepada HR Online, Jum’at (08/09/2017).

Untuk memeriahkan acara tersebut, jelas ia, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah kegiatan seperti halnya karnaval budaya, pagelaran wayang golek, tabligh akbar serta pesona dangdut pesisir. Selain itu, sejumlah tamu undangan dari berbagai daerah hingga pemerintah pusat juga sudah direncanakan hadir.

“Tentu dengan diundangnya mereka demi mempercepat mempromosikan Kabupaten Pangandaran. Jadi, yang perlu dipromosikan dari Pangandaran bukan hanya kekayaan alam saja, budaya lokal kita juga sangat perlu dipromosikan dan dijaga sebaik mungkin,” tegasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles