Hajat Laut “Pesona Purnama Pesisir” Bakal Digelar Meriah di Pangandaran

12/6/2012 9:26 AM (1)

Photo: Net/Ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Acara syukuran nelayan atau biasa dikenal hajat laut, sekaligus dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1439 H tingkat Kabupaten Pangandaran tahun 2017, akan digelar di Pantai Timur Pangandaran. Hajat laut dengan tema “Pesona Purnama Pesisir” itu rencananya mulai digelar dari hari Kamis-Sabtu (21-23/09/2017).

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Aceng Hasyim, mengatakan, rangkaian kegiatan Syukuran Nelayan ini akan berlangsung selama tiga hari di dua titik lokasi, yakni di Lapang Katapang Doyong dan Komplek Pasar Ikan Pantai Timur Pangandaran.

“Acara dimulai dengan karnaval dan pawai ta’aruf yang melibatkan semua perwakilan DKM se-Kabupaten Pangadaran. Kemudian, kreasi seni, prosesi Karesmen Adat, dilanjut ceremonial syukuran adat, tabur bunga dan Tahlil Qubro dihari pertama,” jelasnya, saat ditemui HR Online, Jum’at (15/09/2017).

Aceng juga menyebutkan, di hari kedua akan digelar acara Pesona Dangdut Pesisir, dan wayang golek Purwa Giri Komara dengan dalang Apep S Hudaya dari Bandung. Dilanjut hari ketiganya ada kegiatan Senam Zumba, Jalan Santai, Bazaar, Festival Layangan Malam, Lomba Pesona Purnama Pesisir, Kaulinan Barudak Lembur, Pentas Tari Tradisional, Musik Etnik Kolaborasi, dan terakhir seni ronggeng amen.

Kepala Seksi Promosi dan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Asep Kartiwa, menambahkan, demi membangun Pangandaran Hebat, pihaknya mengajak kepada semua lapisan masyarakat, serta dukungan dari media, untuk turut serta memeriahkan helaran tersebut.

“Mari kita meriahkan event tahunan syukuran nelayan ini bersama-sama. Karena, kebersamaan merupakan wujud komitmen dalam membangun Pangandaran Hebat. Terutama dorongan dari para awak media untuk lebih mengenalkan Pangandaran dengan Pesona Purnama Pesisirnya,” kata Asep Kartiwa. (Madlani/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA