Heboh, Garam Campur Butiran Mirip Kristal Ditemukan di Ciamis

09/09/2017 0 Comments
Heboh, Garam Campur Butiran Mirip Kristal Ditemukan di Ciamis

Salah seorang warga saat menunjukkan garam yang banyak butiran menyerupai kristal. Foto: Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Dusun Mekarsari RT 2 RW 7, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat digegerkan dengan ditemukannya butiran-butiran kristal di dalam bungkus garam beryodium atau garam meja, Jum’at (8/09/2017).

“Pertama kali mengetahui banyak kristal itu ketika akan membuat bumbu masak. Tadinya saya tidak menghiraukan adanya butiran itu, tetapi ketika saya ulek butiran itu sangat keras,” kata Icah warga setempat kepada HR Online.

Setelah seluruh garam dikeluarkan dari bungkusnya, kata ia, ternyata butiran itu sangat banyak hingga akhirnya ia terpaksa mengembalikan garam tersebut ke warung yang menjual garam tersebut.

“Saya sangat takut sekali adanya butiran itu. Sebelumnya saya belum pernah menemukan garam seperti itu. Apalagi di televisi banyak diberitakan garam oplosan. Makanya saya tidak mau lagi memakai garam itu, takut berbahaya bagi keluarga saya,” ujarnya.

Terpisah, Warli pemilik warung mengaku garam tersebut didapatkan dari salah satu agen penjual sembako. Soal butiran serupa kristal, ia mengatakan tidak tahu sebelum adanya komplain dari pembeli.

“Saya tahu ada butiran itu. Hanya saja saya tahu setelah ada pembeli yang mengembalikan sebungkus garam. Setelah saya periksa dengan teliti, ternyata benar di dalam satu bungkus garam itu terdapat butiran-butiran yang menyerupai kristal,” tuturnya.

Pasca ditemukannya butiran tersebut, kata ia, akan segera mengembalikan barang itu ke agen semula. Garam yang telah dibeli dari agen itu sebanyak satu pak dengan harga Rp.1.200 rupiah perbungkusnya.

“Saya juga takut sekali dengan adanya hal ini. Lebih baik saya rugi dari pada membahayakan masyarakat. Sebab, saya juga tidak tahu sebenarnya butiran-butiran itu apa. Dari kejadian ini seluruh garam yang tersedia menjadi tidak laku,” tukasnya. (Tantan/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!