HMI Cabang Banjar Lakukan Kaderisasi Formal

Usai mengikuti Latihan Kader (LK-1) yang digelar HMI Cabang Kota Banjar, para peserta berfoto bersama dengan panitia penyelenggara. Photo: Tsabit AH/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Banjar, menggelar Latihan Kader (LK-1) di ruang auditorium kampus STISIP Bina Putra Banjar, dan diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Banjar, Minggu (17/09/17).

Ketua HMI Komisariat Bina Putera Kota Banjar, Budi Nugraha, mengatakan, kegiatan LK-1 merupakan bagian dari pada kaderisasi formal yang menjadi salah satu proses, dan prasarat untuk menjadi anggota HMI nantinya.

Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa materi yang akan diberikan kepada anggota baru, diantaranya materi ke-HMI-an, wawasan kebangsaan, ke-Islaman, kemahasiswaan dan berbagai materi lainya sebagai penunjang basic kerangka berfikir dan bergerak para anggota.

“Tema dalam kegiatan LK-1 ini adalah terbinanya pribadi yang berkualitas, akademis, dan sadar akan peran fungsinya dalam berorganisasi. Setelah mereka mengikuti kegiatan ini diharapkan mampu menjadi kader anggota yang bisa mengaplikasikannya dalam berorganisasi di HMI,” kata Budi.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Cabang HMI Kota Banjar, Joko Nurhidayat, menambahkan, kegiatan LK-1 ini merupakan langkah awal sebagai penguatan kaderisasi untuk menghimpun segenap kekuatan dengan merekrut anggota baru.

Kegiatan ini juga sebagai tanda semangat kepengurusan, yakni fokus pada pengkaderan. Kaderisasi dalam sebuah organisasi menjadi mutlak perlunya untuk dilaksanakan. Karena, kaderisasi merupakan roh dari sebuah organisasi yang ada. Tanpa adanya kaderisasi yang dijalankan maka organisasi tidak akan berdiri tegak.

“Inti HMI adalah kaderisasi, dimana disebutkan bahwa fungsi organisasi HMI adalah sebagai organisasi kader. Jadi saya akan mengutamakan hal itu,” tandasnya.

Joko juga mengatakan, kepengurusannya akan terus memperkaya khazanah para kader dengan berbagai kaderisasi dan kajian-kajian. Seperti kajian ke-Islaman, pemikiran, ke-HMI-an dan isu kontemporer yang sedang berkembang. (Tsabit/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA