Ini Dia Penemu Kipas Angin Listrik Pertama di Dunia

10/09/2017 0 Comments
Ini Dia Penemu Kipas Angin Listrik Pertama di Dunia

Schuyler Skaats Wheeler, penemu kipas angin listrik pertama di dunia. Photo : net/ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Seperti barang elektronik lainnya, kipas angin listrik sangat dibutuhkan terutama di daerah yang cuacanya panas. Tapi tahukah Anda berapa usia kipas angin listrik saat ini?

Dikutip dari berbagai sumber, kipas angin listrik pertama kali ditemukan oleh Schuyler Skaats Wheeler di 1882, artinya kipas angin yang ada di rumah Anda saat ini sudah berusia 135 tahun.

Schuyler yang lahir di Massachusetts 17 Mei 1860, yang juga merupakan insinyur Amerika, pertama kali membuat kipas angin menggunakan dua buah baling-baling berbentuk pipih lurus tanpa penutup atau pelindung. Baling-baling tersebut terinspirasi dari kincir angin.

Sebagai tenaga penggerak atau sumber listrik dari kipas angin, Schuyler memakai tenaga motor listrik.  

Seiring perkembangan zaman, akhirnya di tahun 1890-an, baling-baling dan motor penggerak diberi penutup. Alasannya, lebih aman dan juga melindungi motor penggerak atau mesin dari debu.

Diakhir tahun 1920, baling-baling kipas angin listrik dirubah menjadi baling-baling yang saling tumpang tindih dan terbuat dari aluminium, sehingga suara kipas angin menjadi tidak berisik.

Sebelumnya, ditahun 1887 Philip H. Diehl mematenkan kipas angin yang menempel di langit-langit rumah. (Adi/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!